Macam-Macam Model Atau Contoh Edp Dalam Stem
MODEL EDP DALAM STEM
Memperoleh pemahaman tentang duduk kasus yang akan diselesaikan, biasanya dilakukan melalui beberapa pengamatan. Empati sangat penting alasannya ialah melatih siswa sanggup lebih memahami pengalaman dan kebutuhan orang yang mempunyai duduk kasus dan membuatkan desain secara singkat untuk merefleksikan kebutuhan orang lain.
Pengumpulan info yang telah dikumpulkan selama tahap Empathize. Selanjutnya menganalisis hasil pengamatan dan mensintesisnya untuk memilih duduk kasus inti. Tujuan dari tahap ini ialah untuk membuat pernyataan duduk kasus yang bermakna dan sanggup ditindaklanjuti.
Proses curah pendapat diantara siswa dalam kelompok perihal aneka macam kemungkinan solusi, kemudian mengidentifikasi duduk kasus dan menentukan atau membuat solusi terbaik untuk memecahkan masalah.
Purwarupa yang sudah diproduksi diuji memakai solusi terbaik yang diidentifikasi selama fase prototype. Ini merupakan tahap terakhir, namun, dalam prosesnya akan berulang dan produk yang dihasilkan selama fase pengujian ialah apa yang sering dipakai untuk mendefinisikan kembali satu atau lebih masalah
Unduh Materi Powerpoint Pembelajaran Berbasis STEM Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
Salah satu ciri pembelajaran STEM ialah adanya Engineering Design Process (EDP) atau proses mendesain sebuah karya atau mesin yang dipakai untuk mengintegrasikan Science, Technology, Engineering dan Mathematics.
Implementasi EDP EDP bersifat fleksibel. Terdapat banyak variasi EDP ketika ini, contohnya dalam jenjang SD EDP disederhanakan menjadi lima langkah (EIE, 2019)
EDP merupakan sebuah siklus yang mana tidak ada titik mulai dan selesai secara resmi. EDP sanggup mulai dari langkah mana saja, fokus pada satu langkah, mundur dan maju diantara langkah-langkah, atau mengulangi siklus EDP. Sebagai contoh, sesudah memodifikasi atau improve, aktivitas EDP sanggup dimulai lagi dari awal untuk mendapat hasil yang lebih baik (EIE, 2019)
Model-Model EDP
1. Model Engineering Design Process (Robert M. Capraro)
2. Model Engineering Design Process (Jamie Back)
3. Model Engineering Design Process (Anne Jolly)
4. Model Design Thinking Process (Dawn M. White)
Memperoleh pemahaman tentang duduk kasus yang akan diselesaikan, biasanya dilakukan melalui beberapa pengamatan. Empati sangat penting alasannya ialah melatih siswa sanggup lebih memahami pengalaman dan kebutuhan orang yang mempunyai duduk kasus dan membuatkan desain secara singkat untuk merefleksikan kebutuhan orang lain.
Pengumpulan info yang telah dikumpulkan selama tahap Empathize. Selanjutnya menganalisis hasil pengamatan dan mensintesisnya untuk memilih duduk kasus inti. Tujuan dari tahap ini ialah untuk membuat pernyataan duduk kasus yang bermakna dan sanggup ditindaklanjuti.
Proses curah pendapat diantara siswa dalam kelompok perihal aneka macam kemungkinan solusi, kemudian mengidentifikasi duduk kasus dan menentukan atau membuat solusi terbaik untuk memecahkan masalah.
Mendesain prototipe atau serangkaian prototipe untuk menguji semua atau sebagian dari solusi. Pada fase Prototipe dihasilkan sejumlah versi produk yang sesuai desain
Purwarupa yang sudah diproduksi diuji memakai solusi terbaik yang diidentifikasi selama fase prototype. Ini merupakan tahap terakhir, namun, dalam prosesnya akan berulang dan produk yang dihasilkan selama fase pengujian ialah apa yang sering dipakai untuk mendefinisikan kembali satu atau lebih masalah
Sumber: PPT Materi Program Sekolah Menengan Atas Zonasi tahun 2019 Kemdikbud
Unduh Materi Powerpoint Pembelajaran Berbasis STEM Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
Baca Materi STEM
1. STEM Sebagai Pendekatan dalam Pendidikan/Pembelajaran https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
2. Model Pembelajaran STEM https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
3. Contoh Analisis STEM dalam KD/Kurikulum 2013
a. Tingkat Sekolah Menengah Pertama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
b. Tingkat Sekolah Menengan Atas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
4. Contoh RPP berbasis STEM
a. RPP Sekolah Menengah Pertama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
b. RPP Sekolah Menengan Atas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
c. RPP STEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
d. RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
CONTOH RPP KURIKULUM 2013 BERBASIS STEM MAPEL BAHASA INDONESIA SMA
1. Contoh RPP berbasis STEM
a. RPP STEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
b. RPP Sekolah Menengan Atas TEKS PROSEDUR Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
c. RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=narasumber-stem-dalam-pembelajaran
Ket Foto: Kegiatan IHT Pembelajaran Berbasis STEM Program Sekolah Menengan Atas Zonasi Tahun 2019 di Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Mranggen, Jateng
Nama: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
Instansi: Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali, Jawa Tengah
Nomor WA: 081326446361
Tidak ada komentar untuk "Macam-Macam Model Atau Contoh Edp Dalam Stem"
Posting Komentar