Bedah Kisi-Kisi Un 2020 Bahasa Indonesia Sma/Ma Dilengkapi Pembahasan Soal Un 2019, 2018, 2017




Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2020 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
BEDAH KISI-KISI UN 2020 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup menentukan  makna/ arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
1.       
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.       
2.       
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan perihal isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
3.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut.
4.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan perihal isi teks.
5.       
Menemukan inspirasi pokok
Disajikan paragraf, penerima didik sanggup memilih inspirasi pokok paragraf tersebut.
6.       
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, penerima didik sanggup memilih inti kalimat tersebut  dengan tepat.
7.       
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, penerima didik sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh contoh tersebut dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat.
9.       
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat.
10.   
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut dengan tepat.
11.   
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
12.   
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, penerima didik sanggup memilih tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
13.   
membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
Disajikan dua buah penggalan teks ulasan/artikel, siswa bisa menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
14.   
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat.
15.   
membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penggunaan bahasa dan pola penyajian tersebut dengan tepat.
16.   
Mengomentari isi teks

Disajikan kutipan teks, penerima didik sanggup memilih kalimat evaluasi terhadap isi teks dengan tepat.
17.   
menunjukkan bukti suatu simpulan
Disajikan penggalan teks, siswa bisa menawarkan bukti simpulan pernyataan sesuai isi teks
18.   
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
19.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat.
20.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa majas dengan tepat.
21.   
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan sebait gurindam, penerima didik sanggup memilih maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
22.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih pendeskripsian tabiat tokoh dengan tepat.
23.   
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, akhir konflik, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat.
24.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
25.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan yang menawarkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat.
26.   
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat
27.   
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
28.   
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
29.   
Disajikan penggalan cerpen/ novel, penerima didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat.
30.   
Mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa bisa mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa sekarang dengan tepat.
31.   
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, penerima didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
32.   
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
33.   
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
34.   
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan istilah yang tepat
35.   
Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan ungkapan yang tepat
36.   
Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
37.   
melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)

Disajikan paragraf eksposisi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat simpulan untuk melengkapinya dengan tepat.
38.   
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; penerima didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
39.   
Disajikan sebuah kalimat pendapat perihal sesuatu, penerima didik sanggup memilih kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
40.   
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
41.   
Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya.
42.   
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat simpulan yang padu untuk melengkapinya
43.   
Disajikan penggalan narasi yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
44.   
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan puisi usang berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik kepingan isi dirumpangkan, penerima didik sanggup memilih larik yang sempurna untuk melengkapinya
45.   
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya.
46.   
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak)
Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), penerima didik sanggup memilih urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu
47.   
Memvariasikan kata yang bertujuan sama


Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
48.   
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
49.   
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa sanggup memilih kalimat yang memiliki tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat.
50.   
menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai


memvariasikan unsur teks


mengubah bentuk teks lain
Disajikan sebuah teks, siswa mampu  mengubah bentuk teks ke bentuk teks lain
51.   
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, penerima didik bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
52.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
Disajikan penggalan teks, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi dalam teks tersebut dengan tepat.
53.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
Disajikan penggalan teks, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks tersebut dengan tepat.
54.   
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
55.   
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali abjad k, p, t, s), penerima didik sanggup memilih kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya
56.   
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, penerima didik sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya
57.   
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang belum lengkap  kata penghubung temporal (urutan waktu), penerima didik sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya.
58.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, penerima didik sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
59.   
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), penerima didik sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya.        
60.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, penerima didik sanggup memilih kalimat yang padu untuk memperbaikinya         
61.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang  salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
62.   
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan gambaran berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan abjad kecil semua), penerima didik sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
63.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
64.   
Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan ejaan, siswa mampu
65.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang  dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, penerima didik sanggup memilih kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
66.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
67.   
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; penerima didik sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya
68.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa bisa memilih perbaikan kata serapan  dengan tepat.
69.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, penerima didik sanggup memilih kesalahan penggunaan tanda baca  disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut           
70.   




PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
22. Mengurutkan Kalimat Acak supaya Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
 
 

PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
Sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2019, berikut disajikan pembahasan lengkap soal UN tahun 2017/2018 nomor 1-50 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Pembahasan soal tersebut sanggup dibaca pada tautan-tautan sebagai berikut. Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa

Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa 
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa 
38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa 
43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa 
48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa 
49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa 

 


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1.       Menentukan kalimat utama
2.      Menentukan makna istilah
3.      Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
4.      Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
5.      Menentukan kalimat fakta dalam paragraf
6.      Menentukan inspirasi pokok paragraf
7.      Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
8.      Menentukan kalimat yang memakai kata tidak baku
9.      Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi
10.  Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi
11.  Menentukan opini redaksi pada tajuk rencana
12.  Menentukan pihak yang dituju pada redaksi
13.  Menentukan kata rujukan
14.  Menentukan perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15.  Menentukan inti kalimat
16.  Menentukan makna lambang
17.  Menentukan kalimat bermajas
18.  Menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh
19.  Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
20.  Menentukan konflik cerita
21.  Menentukan kalimat yang menawarkan tabiat tokoh
22.  Menentukan nilai budaya dalam cerpen
23.  Menentukan amanat cerpen
24.  Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25.  Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini
26. Menentukan maksud isi gurindam
27. Menilai keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun ringkasan teks
29. Mengurutkan kalimat acak
30. Menentukan kalimat argumen
31. Menyusun kalimat simpulan paragraf
32. Menentukan peribahasa yang sempurna sesuai ilustrasi
33. Menentukan ungkapan yang sempurna sesuai ilustrasi
34. Melengkapi teks deskripsi
35. Melengkapi teks argumentasi
36. Melengkapi larik pantun
37. Melengkapi teks prosedur
38. Menyusun teks esai
39. Menggunakan konjungsi temporal
40. Menggunakan kata berimbuhan
41. Menggunakan kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan
43. Menggunakan frasa adjektiva
44. Memperbaiki kalimat tidak efektif
45. Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi penulisan judul yang benar
49. Menggunakan tanda baca dengan tepat
50. Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca

Tidak ada komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un 2020 Bahasa Indonesia Sma/Ma Dilengkapi Pembahasan Soal Un 2019, 2018, 2017"