Bedah Kisi-Kisi Un 2020 Bahasa Indonesia Sma/Ma Dilengkapi Pembahasan Soal Un 2019, 2018, 2017
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2020 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
BEDAH KISI-KISI UN 2020 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi | Indikator Soal | No |
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA | ||
Memaknai istilah/kata | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup menentukan makna/ arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut. | 1. |
Mengidentifikasi informasi tersurat | Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut. | 2. |
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan perihal isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat. | 3. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut. | 4. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan perihal isi teks. | 5. | |
Menemukan inspirasi pokok | Disajikan paragraf, penerima didik sanggup memilih inspirasi pokok paragraf tersebut. | 6. |
Menemukan inti kalimat | Disajikan kalimat luas/majemuk, penerima didik sanggup memilih inti kalimat tersebut dengan tepat. | 7. |
Menentukan makna rujukan | Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, penerima didik sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh contoh tersebut dengan tepat. | 8. |
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat. | 9. |
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 10. | |
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut dengan tepat. | 11. | |
Menentukan kalimat utama | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat. | 12. |
Menentukan kalimat penjelas | Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, penerima didik sanggup memilih tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama | 13. |
membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks | Disajikan dua buah penggalan teks ulasan/artikel, siswa bisa menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat. | 14. |
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi | Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat. | 15. |
membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi) | Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penggunaan bahasa dan pola penyajian tersebut dengan tepat. | 16. |
Mengomentari isi teks | Disajikan kutipan teks, penerima didik sanggup memilih kalimat evaluasi terhadap isi teks dengan tepat. | 17. |
menunjukkan bukti suatu simpulan | Disajikan penggalan teks, siswa bisa menawarkan bukti simpulan pernyataan sesuai isi teks | 18. |
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA | ||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat. | 19. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat. | 20. | |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa majas dengan tepat. | 21. | |
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Disajikan sebait gurindam, penerima didik sanggup memilih maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat | 22. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih pendeskripsian tabiat tokoh dengan tepat. | 23. | |
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, akhir konflik, amanat, nilai -nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat. | 24. |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 25. | |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan yang menawarkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat. | 26. | |
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat | 27. |
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 28. |
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat. | 29. | |
Disajikan penggalan cerpen/ novel, penerima didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat. | 30. | |
Mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa bisa mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa sekarang dengan tepat. | 31. |
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, penerima didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat. | 32. |
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut | 33. | |
Meringkas isi karya sastra | Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat. | 34. |
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS | ||
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan istilah yang tepat | 35. |
Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan ungkapan yang tepat | 36. | |
Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan peribahasa yang tepat | 37. | |
melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur) | Disajikan paragraf eksposisi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat simpulan untuk melengkapinya dengan tepat. | 38. |
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; penerima didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat. | 39. | |
Disajikan sebuah kalimat pendapat perihal sesuatu, penerima didik sanggup memilih kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung) | 40. | |
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 41. | |
Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya. | 42. | |
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat simpulan yang padu untuk melengkapinya | 43. | |
Disajikan penggalan narasi yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 44. | |
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama) | Disajikan puisi usang berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik kepingan isi dirumpangkan, penerima didik sanggup memilih larik yang sempurna untuk melengkapinya | 45. |
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya. | 46. | |
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak) | Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), penerima didik sanggup memilih urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu | 47. |
Memvariasikan kata yang bertujuan sama | ||
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama | Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian. | 48. |
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian. | 49. | |
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa sanggup memilih kalimat yang memiliki tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat. | 50. | |
menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai | ||
memvariasikan unsur teks | ||
mengubah bentuk teks lain | Disajikan sebuah teks, siswa mampu mengubah bentuk teks ke bentuk teks lain | 51. |
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF | ||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah | Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, penerima didik bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 52. |
mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi | Disajikan penggalan teks, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi dalam teks tersebut dengan tepat. | 53. |
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif | Disajikan penggalan teks, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks tersebut dengan tepat. | 54. |
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 55. |
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali abjad k, p, t, s), penerima didik sanggup memilih kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya | 56. |
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, penerima didik sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya | 57. | |
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Disajikan paragraf yang belum lengkap kata penghubung temporal (urutan waktu), penerima didik sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya. | 58. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, penerima didik sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat. | 59. |
Memperbaiki kesalahan paragraf | Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), penerima didik sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya. | 60. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, penerima didik sanggup memilih kalimat yang padu untuk memperbaikinya | 61. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat | 62. |
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) | Disajikan gambaran berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan abjad kecil semua), penerima didik sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku | 63. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi. | 64. | |
Menggunakan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan ejaan, siswa mampu | 65. |
Menggunakan tanda baca | Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, penerima didik sanggup memilih kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya | 66. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat. | 67. |
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; penerima didik sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya | 68. | |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa bisa memilih perbaikan kata serapan dengan tepat. | 69. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca | Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, penerima didik sanggup memilih kesalahan penggunaan tanda baca disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut | 70. |
PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019
1. Ide Pokok Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
2. Makna Istilah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
3. Jawaban yang Tepat Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
4. Maksud Pernyataan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
5. Bukti Simpulan Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
6. Pokok-Pokok Pikiran Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
7. Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
8. Kalimat Utama Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
9. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
10. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
11. Kata Simbolik/Lambang Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
12. Maksud Kalimat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
13. Kalimat Bermajas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
14. Nilai Budaya dalam Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
15. Kalimat Fakta Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
16. Konflik dalam Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
18. Bukti Nilai Moral dalam Novel Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
19. Bukti Latar Suasana dalam Novel Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
20. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
21. Memperbaiki Kalimat supaya Efektif Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
22. Mengurutkan Kalimat Acak supaya Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
23. Melengkapi Paragraf Narasi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
24. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
25. Konjungsi Korelatif Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
26. Kata Berimbuhan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
28. Kalimat Simpulan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
29. Ringkasan Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
30. Parafrasa Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
31. Kalimat Argumen Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
32. Partikel –lah dan akhiran –kan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
33. Penulisan Nama Geografi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
34. Perbandingan Dua Teks Sastra Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
35. Bukti Watak Tokoh Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
37. Mengubah Teks Drama ke Narasi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
38. Macam-Macam Konjungsi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
39. Perbaikan Penggunaan Ejaan yang Salah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
40. Perbaikan Penggunaan Tanda Baca yang Salah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
41. Penulisan Judul Karangan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
42. Memprediksi Kelanjutan Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
43. Keunggulan dan Kelemahan Novel Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
44. Menyimpulkan Isi Dua Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
45. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
46. Menganalisis Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
47. Menentukan Tujuan Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
48. Menyimpulkan Isi Dua Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
49. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
50. Ulasan Drama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
Sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2019, berikut disajikan pembahasan lengkap soal UN tahun 2017/2018 nomor 1-50 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Pembahasan soal tersebut sanggup dibaca pada tautan-tautan sebagai berikut. Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018
1. Kalimat Resensi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
6. Persamaan Dua Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
8. Kalimat Bermajas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
15. Kalimat Fakta Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
16. Tujuan Penulis Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
17. Kata Tidak Baku Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
18. Kalimat Tidak Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
19. Kata Rujukan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
20. Kalimat Simpulan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
21. Menentukan inspirasi pokok paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
22. Makna Kata/Istilah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
24. Makna Kata Lambang Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
29. Penulisan Nama Geografi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
30. Pengembangan Topik Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
31. Perbaikan Penulisan Kata Ulang Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
32. Penulisan Judul Karangan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
33. Kalimat Esai Sesuai Kutipan Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
34. Melengkapi Teks dengan Kata Berimbuhan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
35. Melengkapi Teks Drama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
36. Menentukan Amanat Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
37. Melengkapi Pantun Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
39. Kalimat Kesepakatan dalam Teks Negosiasi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
40. Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
41. Maksud Isi Gurindam Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
42. Kalimat Simpulan Akibat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
44. Melengkapi Paragraf dengan Konjungsi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
45. Memvariasikan Kalimat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
46. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
47. Melengkapi Paragraf Deskripsi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
50. Melengkapi Paragraf dengan Peribahasa Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Menentukan kalimat utama
2. Menentukan makna istilah
3. Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
5. Menentukan kalimat fakta dalam paragraf
6. Menentukan inspirasi pokok paragraf
7. Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
8. Menentukan kalimat yang memakai kata tidak baku
9. Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi
10. Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi
11. Menentukan opini redaksi pada tajuk rencana
12. Menentukan pihak yang dituju pada redaksi
13. Menentukan kata rujukan
14. Menentukan perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15. Menentukan inti kalimat
16. Menentukan makna lambang
17. Menentukan kalimat bermajas
18. Menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh
19. Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
20. Menentukan konflik cerita
21. Menentukan kalimat yang menawarkan tabiat tokoh
22. Menentukan nilai budaya dalam cerpen
23. Menentukan amanat cerpen
24. Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25. Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini
26. Menentukan maksud isi gurindam
27. Menilai keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun ringkasan teks
29. Mengurutkan kalimat acak
30. Menentukan kalimat argumen
31. Menyusun kalimat simpulan paragraf
32. Menentukan peribahasa yang sempurna sesuai ilustrasi
33. Menentukan ungkapan yang sempurna sesuai ilustrasi
34. Melengkapi teks deskripsi
35. Melengkapi teks argumentasi
36. Melengkapi larik pantun
37. Melengkapi teks prosedur
38. Menyusun teks esai
39. Menggunakan konjungsi temporal
40. Menggunakan kata berimbuhan
41. Menggunakan kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan
43. Menggunakan frasa adjektiva
44. Memperbaiki kalimat tidak efektif
45. Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi penulisan judul yang benar
49. Menggunakan tanda baca dengan tepat
50. Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca
Tidak ada komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un 2020 Bahasa Indonesia Sma/Ma Dilengkapi Pembahasan Soal Un 2019, 2018, 2017"
Posting Komentar