Soal Ringkasan Teks: Pembahasan Soal Un 2019 Smp


Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap pecahan bacaan aslinya.
Ringkasan yang sempurna menurut teks tersebut yaitu pilihan balasan A alasannya kalimat tersebut isinya mencakupi ide-ide pokok teks secara lengkap. Kalimat pada pilihan balasan B, C, dan D bukanlah ringkasan, tetapi kalimat yang terdapat pada salah satu paragraf atau tidak mencakupi isi kedua paragraf.
RINGKASAN MATERI
PENGERTIAN RINGKASAN DAN LANGKAH-LANGKAH MERINGKAS TEKS
A.  Pengertian Ringkasan
Ringkasan yaitu hasil meringkaskan; ikhtisar; abreviasi dongeng (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap pecahan bacaan aslinya.
Ringkasan disusun untuk mempermudah dan mempercepat seseorang memahami isi pokok teks.
B.  Langkah-Langkah Meringkas Isi Teks Nonsastra
Langkah-langkah meringkaskan teks yaitu sebagai berikut.
1.      Membaca secara cermat seluruh teks orisinil untuk menangkap seluruh informasi teks.
Membaca goresan pena orisinil terkadang tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan berkali- kali. Membaca seluruh teks orisinil bertujuan menemukan kalimat/ wangsit pokok mana yang harus diambil dan dijadikan ringkasan. Membaca goresan pena orisinil juga sanggup membantu pembuat ringkasan dalam mengambil tamat dan intisari teks.
2.      Menuliskan gagasan atau ide-ide pokok teks.
Pada ketika membaca seluruh teks, pembuat ringkasan harus mencatat dan menuliskan ide-ide pokok atau gagasan utama paragraf. Ide-ide pokok inilah yang menjadi materi untuk menciptakan ringkasan.
3.      Menyusun ide-ide pokok paragraf menjadi ringkasan teks.
Setelah mencatat ide-ide pokok paragraf, pembuat ringkasan sanggup merangkai dan menyusun ringkasan menurut ide-ide pokok tersebut menjadi paragraf gres yang lebih singkat dari goresan pena aslinya.
Contoh Ringkasan
Batuk sesungguhnya bukan penyakit refleks, alasannya mengalami rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat  terjadi  karena terusan pernapasan atau paru-paru terkena abuh kuman-kuman tertentu. Udara dingin  atau lembab sanggup juga menciptakan orang batuk atau bersin.
Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau adonan obat yang  mengandung materi yang sanggup mengeluarkan lendir atau riak biar terusan pernapasan higienis dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.
Ringkasan teks tersebut yang sempurna yaitu ...
A.  Penyakit batuk dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka barus diobati dengan ekspektoran.
B.  Pengaruh batuk itu terjadi alasannya asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga terusan paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut sanggup dibeli di pasar bebas.
C.  Batuk terjadi alasannya polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara terusan pernapasan. Batuk sanggup diobati dengan ekspektoran.
D.  Terjadinya penyakit batuk alasannya polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara. Namun, semua sanggup diobati dengan obat-obat altematif yang dijual di pasaran bebas.


PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA



Tidak ada komentar untuk "Soal Ringkasan Teks: Pembahasan Soal Un 2019 Smp"