Contoh Rpp 1 Halaman


Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan gres tersebut, guru secara bebas sanggup memilih, membuat, menggunakan, dan menyebarkan format RPP. Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, acara pembelajaran, dan asesmen. “Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru mempunyai lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” terperinci Mendikbud.
SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”

Baca dan Unduh Contoh RPP 1 Lembar (1 Halaman)
1. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Discovery Learning Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa
2. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Problem Based Learning Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa
3. RPP 1 Lembar Teks Karya Ilmiah model Problem Based Learning Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa
4. RPP 1 Lembar Teks Negosiasi KD 3.10, 4.10 Model PBL Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa
6. RPP 1 Lembar Teks Kritik dan Esai (Kelas XII) Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa


Sumber : Grup FB KKG Angso Duo Jambi

Contoh RPP 1 Halaman Tematik SD
                                                                             Sumber: FB Mukromiyono, S.Pd

Unduh Contoh RPP 1 Halaman
1. RPP Bahasa Indonesia 1 Halaman Klik https://drive.google.com/open?id=1Kzsmhex2_-wFoB5lSxwXqPlz3qODWr9C
2. RPP Mapel Matematika Klik https://drive.google.com/open?id=10RjjZrKo5P_6gX1zoxCuTGfIoqBju9kN
3. RPP Mapel Fisika Klik https://drive.google.com/open?id=1b9BNf3pfCJmE-xmnsHszuoFyuqhJok1z


Rencana Pembelajaran


IDENTITAS
Kelas/ Semester
: XI/ GASAL
Mata Pelajaran
: Matematika
Alokasi Waktu

: 6 x 45 menit
Materi
: Operasi Matriks



Guru
: Ervin Tamta L.,M.Pd


TUJUAN
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi :
-  Siswa bisa menyebarkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab
-  Siswa bisa memahami dan menyelesaikan operasi matriks
-  Siswa bisa menuntaskan masalah berkaitan dengan operasi matriks











PROSES PEMBELAJARAN
Pendahuluan (Apersepsi)
:
·   Tampilkan video jual beli berkaitan dengan bentuk matriks (yang nantinya akan diubah dalam bentuk matriks)
·   Pertanyaan awal : Bagaimana kita menuntaskan permasalahan yang ada pada video? Ada berapa cara untuk menyelesaikannya? Bagaimana jikalau diselesaikan dengan
operasi matriks?
Kegiatan Inti
:
·   Siswa mengamati aneka macam permasalahan dengan operasi matriks melalui lembar jawab yang diberikan kisi-kisi oleh guru.
·   Siswa mencari informasi perihal unsur-unsur matriks
·   Siswa mengubah bentuk permasalahan kedalam operasi matriks
·   Proses pembelajaran ini siswa dibebaskan untuk menentukan sumber belajar, termasuk dari sumber internet.
·   Siswa mencari informasi megenai operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian matriks
·   Siswa gotong royong dengan guru menyimpulkan hal-hal
yang berkaitan dengan operasi matriks.
Penutup
:
Setelah mengetahui penyelesaian problem dengan operasi matriks, siswa bisa mengidentifikasi cara mana yang lebih gampang untuk menuntaskan problem sehari-hari termasuk
dengan penerapan operasi matriks.


PENILAIAN
Rasa Ingin Tahu

: Melalui pengamatan pada proses pembelajaran
Tanggung Jawab
:     Melalui     pengamatan    pada     proses    dan     hasil     dari
pembelajaran
Pengetahuan dan
Ketrampilan
: Melalui diskusi, tanya jawab, dan lembar kiprah yang
diberikan guru pada proses pembelajaran dan penugasan.


Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  CONTOH RPP 1 HALAMAN






           RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (No. 3.8/XI-2/2019-2020)


Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengan Atas NEGERI 3 YOGYAKARTA
Mata Pelajaran
: Fisika
Kelas/ Semester
: XI/ Dua
Materi Pokok
: Gelombang Mekanik
Alokasi Waktu
: 2 pertemuan (4 x 45 menit)

Kompetensi Dasar:
3.8          Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik
4.8    Melakukan percobaan perihal salah satu karakteristik gelombang mekanik berikut presentasi hasilnya

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengukuti acara pembelajaran memakai model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan perilaku menyadari kebesaran Tuhan, perilaku gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa sanggup :
3.8.1   mengidentifikasi besaran-besaran pada gelombang mekanik
3.8.2    menentukan besaran-besaran gelombang mekanik
3.8.3    membandingkan besaran-besaran fisis pada dua atau lebih gelombang mekanik
3.8.4    mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik hasil praktikum
4.8.1    melakukan percobaan penentuan periode, panjang gelombang dan amplitudo
gelombang mekanik
4.8.2    menyusun laporan hasil praktikum gelombang mekanik
4.8.3    menginformasikan dalam bentuk goresan pena karaktersitik gelombang hasil penelitian.

Kegiatan Pembelajaran: Pertemuan Pertama

Aktivitas siswa/guru
Alokasi
Waktu
Pendahuluan:
1.       Doa
2.       Mereview materi sebelumnya
3.       Menginformasikan tujuan pembelajaran
4.       Menginformasikan acara yang akan dilaksanakan
5.       Motivasi dengan memperlihatkan fenomena-fenomena gelombang mekanik berkaitan dengan kuasa Illahi


15
menit
Kegiatan Inti
1.       Stimulation : guru memperlihatkan pola satu jenis gelombang mekanik
2.       Problem statement : siswa diarahkan untuk mengenal besaran- besaran pada gelombang mekanik
3.       Data collection : Literasi tentang gelombang


60
menit
Kegiatan Penutup
1. Bersama siswa mereview bahan terkait dengan besaran dalam gelombang mekanik
15
menit


2.       Menginformasikan bahan dan acara pada pertemuan yang akan datang
3.       Penugasan untuk siswa (TMT 3.8.1)


Pertemuan kedua
Aktivitas siswa/guru
Alokasi
Waktu
Pendahuluan:
1.       Doa
2.       Mereview materi sebelumnya
3.       Menginformasikan acara yang akan dilaksanakan
4.       Membuat kelompok praktikum

15
menit
Kegiatan Inti
1.       Data collection : Praktikum gelombang mekanik
2.       Data Processing : mengolah data hasil praktikum
3.       Verification: membadingkan hasil olah data dengan kelayakan yang ada pada referensi
4.       Generalization : menciptakan kesimpulan dan menuliskan dalam laporan


60
menit
Penutup
1.       Salah satu kelompok siswa presentasi hasil praktikum
2.       Guru bersama siswa mendiskusikan informasi yang disampaikan kelompok penyaji
3.       Guru memverifikasi bahan hasil kegiatan belajar
4.       Penugasan siswa mengerjakan TMT 3.8.2


15
menit

Penilaian :
1.      Sikap                           : Jurnal sikap
2.      Pengetahuan:
a.       Penugasan              : TMT 3.8.1 dan TMT 3.8.2
b.      Penilaian Harian    : PH_3.8
c.       PTS/PAS                : PTS_3.8
3.      Keterampilan               : Praktikum PP_4.8

Mengatahui, Kepala Sekolah,


Drs. Maman Surakhman, M.Pd. I. 
NIP. 19600607 198103 1 008
Yogyakarta, 2 Januari 2020 Guru Mata Pelajaran,


Ichwan Aryono, S.Pd., M.Pd. Si 
 NIP. 19670415 199702 1 003






PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMA NEGERI 3 SAMARINDA
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Telp (0541) 7773533 Email tu@sman3Samarinda.sch.id SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR. KODE POS 75124





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan           : Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Samarinda
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia Kelas/ Semester      : X (Sepuluh) / Genap Materi Pokok        : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu                  : 8 Jam Pelajaran (360 Menit)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Menganalisis struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan teks negosiasi.
2.     Memproduksi teks perundingan dengan memerhatikan struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan.

B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.     Kegiatan Pendahuluan
a)     Orientasi: Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai perilaku disiplin, menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b)    Apersepsi: Mengaitkan bahan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik terhadap bahan sebelumnya, mengingatkan kembali bahan dengan bertanya, mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
c)     Motivasi: Memberikan citra perihal manfaat mempelajari bahan teks perundingan dalam kehidupan sehari- hari, apabila materi/ tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal bahan teks negosiasi, memberikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung, dan mengajukan pertanyaan stimulus secara interaktif.
d)    Pemberian Acuan: Memberitahukan bahan pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan yang sedang berlangsung, memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung, pembagian kelompok belajar, menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman berguru sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

2.     Kegiatan Inti

a)     Literasi: Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada bahan teks perundingan melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)
b)    Critical Thinking (Berpikir Kritis): Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran.
                        c)     Collaboration (Kerja Sama): Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk    mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai teks negosiasi.
d)    Communication (Komunikasi): Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan memberikan hasil diskusi tentang teks negosiasi, mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan perihal teks perundingan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi perihal teks perundingan yang dilakukan, dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
                    e)     Creativity (Kreativitas): Peserta didik bertanya perihal hal yang belum dipahami atau guru memberikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan teks perundingan yang akan selesai dipelajari.

3.     Kegiatan Penutup

a)     Peserta didik: Membuat ringkasan dengan bimbingan guru perihal hal-hal penting yang muncul dalam acara pembelajaran teks negosiasi yang baru dilakukan, mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi teks negosiasi yang gres diselesaikan, mengagendakan bahan atau kiprah yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
b)    Guru: menyidik pekerjaan akseptor didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memperlihatkan penghargaan pada kelompok yang mempunyai kinerja dan kolaborasi yang baik dalam acara pembelajaran.

C.    PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.     Tes Tertulis: Menganalisis struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan teks negosiasi.
2.     Tes Praktik: Membuat teks perundingan dengan memerhatikan struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan.

Mengetahui                                                                   Samarinda, 15 Desember 2019
Kepala Sekolah,                                                            Guru Mapel,


Tidak ada komentar untuk "Contoh Rpp 1 Halaman"