Contoh Soal Memilih Tokoh Utama Cerpen Untuk Smp

(Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2019)


Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Tokoh utama yakni tokoh yang senantiasa ada dalam setiap peristiwa, banyak berafiliasi dengan tokoh lain, dan paling banyak terlibat dengan tema cerita. Adapun tokoh bawahan yakni tokoh yang menjadi embel-embel dalam cerita.
Ada beberapa tokoh yang disebut dalam cuplikan dongeng itu, yakni si Pingkan, Tom, Rara, dan Uni. Dari keempat tokoh itu, yang lebih banyak diceritakan dan digambarkan dalam kalimat-kalimatnya yakni tokoh Pingkan.
RINGKASAN MATERI
Tokoh Utama dalam Cerita
Cerita (cerpen/novel) dibuat oleh beberapa unsur. Salah satunya yakni penokohan. Di dalam cerita, tokoh yang dimaksud sanggup dikelompokkan ke dalam dua jenis, yakni tokoh utama dan tokoh bawahan/figuran. Tokoh utama merupakan tokoh yang menjadi sentra cerita. Hal itu tampak dari banyaknya belahan dongeng yang lebih banyak diisi oleh tugas tokoh itu. Dengan kata lain, tokoh utama yakni tokoh yang senantiasa ada dalam setiap peristiwa, banyak berafiliasi dengan tokoh lain, dan paling banyak terlibat dengan tema cerita. Adapun tokoh bawahan yakni tokoh yang menjadi embel-embel dalam cerita.
 

PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
36. Memperbaiki Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata

Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Memilih Tokoh Utama Cerpen Untuk Smp"