Mengidentifikasi Kalimat Tidak Efektif


 (Soal UN Sekolah Menengah Pertama tahun 2019

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Kalimat efektif ditandai antara lain gampang dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.
Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat,  ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
Berdasarkan syarat-syarat kalimat efektif tersebut yang merupakan kalimat efektif yaitu kalimat (1) dan (3). Kalimat yang tidak efektif yaitu kalimat (2) dan (4) alasannya yaitu tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).
Analisis kalimat (2) dan (4) sebagai berikut.
a.    Bagi para wanita-wanita perlu berhati-hati jikalau melewati lorong (tidak hemat).
Para perempuan perlu berhati-hati jikalau melewati lorong (hemat).
b. Rapat itu membahas mengenai perihal cara memajukan pariwisata (tidak hemat).
Rapat itu membahas perihal cara memajukan pariwisata (hemat).

RINGKASAN MATERI
KALIMAT EFEKTIF
A.      Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif yaitu kalimat yang jelas, gampang dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.

B.       Syarat Kalimat Efektif
1.    Keutuhan
Contoh:
a.    Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b.    Mereka bekerja saling membantu. (utuh)
2.    Kesejajaran
1)   Bentuk
a.    Tugas bawah umur hari ini yaitu membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b.    Tugas bawah umur hari ini yaitu membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)
2)   Makna
a.    Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan melawan. (tidak sejajar)
b.    Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan tidak melawan. (sejajar)
3.    Kefokusan
1)   Pengedepanan
a.    Sangat membanggakan siswa kita itu.
b.    Siswa kita itu sangat membanggakan.
2)   Pengulangan
a.    Anak yang bakir berbicara, bakir bergaul, dan bakir berguru niscaya disukai banyak temannya.
b.    Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.   

4.    Kehematan
1)   Penghilangan Subjek
a.    Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu siswa  itu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b.    Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (hemat)
2)   Penghilangan Bentuk Sinonim
a.    Menjaga kebersihan sekolah yaitu merupakan  tanggung jawab kita semua. (tidak hemat)
b.    Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)
3)   Penghilangan Makna Jamak Ganda
a.    Sejumlah guru-guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b.    Sejumlah guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (hemat)
5.    Kelogisan
Contoh:
a.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b.    Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)

(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)



PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
36. Memperbaiki Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata

Tidak ada komentar untuk "Mengidentifikasi Kalimat Tidak Efektif"