Rpp 1 Lembar Bahasa Indonesia Smp Sesuai Instrumen Supervisi Atau Evaluasi Rpp 1 Lembar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:

Materi Pokok
Teks Berita
Kelas/ Smt.
VIII-1
Waktu
10 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.1
Mengidentifikasi unsur-unsur teks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1
Menyimpulkan isi isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Menjelaskan unsur-unsur teks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
3.1.2
Mengidentifikasi unsur-unsur teks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1.1
Menunjukkan isi isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
4.1.2
Menyimpulkan isi isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar







A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model Discovery Learning, siswa bisa mengidentifikasi unsur-unsur teks berita; menyimpulkan isi teks isu yang dibaca dan didengar; mempunyai perilaku mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.


B. Kegiatan Pembelajaran
Media                    : Teks Berita
Alat/Bahan                        : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (5 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, memberikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (5 x 60 Menit)
1.            Siswa mengamati tayangan video isu dan menunjukkan jawaban atas isinya.
2.            Siswa menyusun pertanyaan menurut teks isu yang dibagikan oleh guru.
3.            Siswa mendiskusikan unsur-unsur teks isu tersebut.
4.            Siswa mengidentifikasi unsur-unsur isu (5W+1H) dan menyusun selesai isinya, kemudian menuliskannya di kertas karton.
5.            Siswa melakukan kunjung kerja ke kelompok lain dan menunjukkan tanggapan.
6.            Siswa bersama guru menyimpulkan bahan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Kegiatan Penutup (5 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru menunjukkan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: tes tertulis

Mengetahui,                                                                  ............, ......................
Kepala Sekolah Menengah Pertama ...                                                               Guru Mata Pelajaran,


...                                                                                    ...
NIP                                                                                 NIP 


Tidak ada komentar untuk "Rpp 1 Lembar Bahasa Indonesia Smp Sesuai Instrumen Supervisi Atau Evaluasi Rpp 1 Lembar"