Rpp 1 Lembar Bahasa Indonesia Smp Sesuai Instrumen Supervisi Atau Evaluasi Rpp 1 Lembar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran | Bahasa Indonesia | Sekolah: | Materi Pokok | Teks Berita | |
Kelas/ Smt. | VIII-1 | Waktu | 10 jam pelajaran | ||
Kompetensi Dasar | 3.1 | Mengidentifikasi unsur-unsur teks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca | |||
4.1 | Menyimpulkan isi isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar | ||||
Indikator Pencapaian Kompetensi | 3.1.1 | Menjelaskan unsur-unsur teks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca | |||
3.1.2 | Mengidentifikasi unsur-unsur teks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca | ||||
4.1.1 | Menunjukkan isi isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar | ||||
4.1.2 | Menyimpulkan isi isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar | ||||
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model Discovery Learning, siswa bisa mengidentifikasi unsur-unsur teks berita; menyimpulkan isi teks isu yang dibaca dan didengar; mempunyai perilaku mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
B. Kegiatan Pembelajaran
Media : Teks Berita
Alat/Bahan : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (5 x 8 Menit) |
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, memberikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti (5 x 60 Menit) |
1. Siswa mengamati tayangan video isu dan menunjukkan jawaban atas isinya. 2. Siswa menyusun pertanyaan menurut teks isu yang dibagikan oleh guru. 3. Siswa mendiskusikan unsur-unsur teks isu tersebut. 4. Siswa mengidentifikasi unsur-unsur isu (5W+1H) dan menyusun selesai isinya, kemudian menuliskannya di kertas karton. 5. Siswa melakukan kunjung kerja ke kelompok lain dan menunjukkan tanggapan. 6. Siswa bersama guru menyimpulkan bahan pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Kegiatan Penutup (5 x 12 Menit) |
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru menunjukkan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME. |
C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: tes tertulis
Mengetahui, ............, ......................
Kepala Sekolah Menengah Pertama ... Guru Mata Pelajaran,
... ...
NIP NIP
Baca dan Unduh Instrumen Penilaian RPP 1 Lembar Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=contoh-instrumen-supervisipenilaian-rpp
Tidak ada komentar untuk "Rpp 1 Lembar Bahasa Indonesia Smp Sesuai Instrumen Supervisi Atau Evaluasi Rpp 1 Lembar"
Posting Komentar