Contoh Soal Bukti Latar Suasana Dalam Kisah (Pembahasan Soal Un 2019 Bahasa Indonesia Sma Nomor 19)




Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Menurut KBBI latar ialah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra. Latar daerah (berkaitan dengan di mana insiden dalam dongeng itu terjadi). Latar waktu (berkaitan dengan kapan insiden dalam dongeng terjadi). Latar suasana (berkaitan dengan perasaan atau suasana insiden insiden dalam dongeng itu terjadi).
Suasana kecemasan artinya suasana yang tidak tidak tenteram hati (karena khawatir, takut); gelisah (https://kbbi.web.id/cemas). Pembuktian kecemasan pada kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat bernomor (1) dan (3), yaitu (1) Sambil makan malam di dapur umum, saya diskusikan kecemasanku kepada Sahibul menara. (3) Kami meringis tegang membayangkan ujian marathon sebulan penuh.
Pada kalimat bernomor (1) tertulis dengan terang kata kecemasanku, sedangkan pada kalimat bernomor (3) terdapat kata tegang yang menawarkan suasana kecemasan.
RINGKASAN MATERI 
A. Membuktikan Simpulan dengan Data pada Karya Sastra (Bukti Watak, Setting, Nilai)
Membuktikan jawaban data pada karya sastra artinya menyimpulkan unsur-unsur dalam karya sastra menyerupai tabiat tokoh, setting, dan nilai-nilai dalam karya sastra berdasarkan kata/kalimat/paragraf dalam karya sastra.
Untuk memilih kalimat yang mengambarkan watak, latar, atau nilai tentunya kita harus memahami isi atau makna kalimat-kalimat dalam teks atau kutipan pada karya sastra.
B. Pengertian Latar
Menurut Indrawati “2009:64” latar atau setting merupakan tempat, waktu, dan suasana yang dipakai dalam suatu cerita.
Menurut Kusnadi Dkk. “2009:60” latar daerah atau latar waktu dalam karya sastra akan mempengaruhi inti dongeng dan pengambilan nilai-nilai yang ingin diungkapkan pengarang.
Menurut KBBI “2001:501” latar ialah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra.
Menurut Suparmin “2009:54” latar dongeng atau setting ialah sesuatu keadaan yang melingkupi pelaku dalam sebuah cerita.(http://www.gurupendidikan.co.id/latar-cerita-pengertian-menurut-para-ahli-macam-fungsi/)
Berdasarkan beberapa pendapat disimpulkan pengertian latar yaitu keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. 
C. Macam-Macam Latar
Jenis atau macam-macam latar diantaranya sebagai Berikut.
1. Latar Tempat 
Yaitu latar yang mengacu pada daerah atau lokasi terjadinya insiden yang diceritakan dalam karya fiksi. Misalnya perkotaan, pedesaan, di desa, di kota, di penjara, di rumah, dan sebagainya.
2. Latar Waktu 
Yaitu latar yang mengacu pada waktu kapan terjadinya insiden yang diceritakan dalam karya fiksi.  Dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan, tahun, insiden sejarah, bahkan zaman tertentu yang melatarbelakanginya.
3. Latar Sosial
Yaitu latar yang mengacu pada kondisi sosial masyarakat yang diceritakan dalam karya fiksi. Seperti latar sosial bawah/rendah, latar sosial menengah, latar sosial tinggi, dan sebagainya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Fiksi)
4. Latar suasana

Yaitu situasi apa saja yang terjadi ketika ketika si tokoh atau si pelaku melaksanakan sesuatu. Seperti misanya: ketika galau, gembira, lelah, dan lain sebagainya.

Contoh analisis latar cerpen

Ibu terkulai di dingklik menyerupai orang mati. Pintu, jendela, televisi, telepon, perabotan, buku, cangkir teh, dan lain-lain masih menyerupai dulu, tetapi waktu telah berlalu sepuluh tahun. Tinggal Ibu sekarang di ruang keluarga itu, masih terkulai menyerupai sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu.
Telepon berdering. Ibu tersentak berdiri dan eksklusif menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika disambarnya pula, deringnya sudah berhenti..( Ibu yang Anaknya Diculik Itu oleh Seno Gumira Ajidarma )
Latar suasana: murung (terkulai di dingklik menyerupai orang mati. (
https://www.merdeka.com/pendidikan/cari-tahu-latar-tempat-waktu-dan-suasana-dalam-cerpen-yuk.html)


PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019

















17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa





Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Bukti Latar Suasana Dalam Kisah (Pembahasan Soal Un 2019 Bahasa Indonesia Sma Nomor 19)"