Contoh Soal Un Memperbaiki Kalimat Semoga Menjadi Efektif (Pembahasan Soal Un Tahun 2019 Bahasa Indonesia Sma Nomor 20)

Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Perbaikan kalimat Merkuri sisa pengolahan emas dibuang-buang secara sembarangan sehingga mengancam daripada sumber air dan kesehatan manusia biar menjadi efektif yaitu Merkuri sisa pengolahan emas dibuang secara sembarangan sehingga mengancam sumber air dan kesehatan manusia.
Pada kalimat tersebut terdapat penggunaan kata ulang dibuang-buang dan penggunaan kata depan daripada yang tidak tepat. Kata depan daripada digunakan untuk membandingkan dua hal, sedangkan pada teks tidak ada yang dibandingkan.  
RINGKASAN MATERI
Kata Daripada Yang Mubazir
Kata daripada termasuk dalam golongan kata depan. Kata tersebut digunakan untuk menciptakan perbandingan atau mengontraskan sesuatu. Dalam kenyataannya, penggunaan kata itu tidak selalu begitu. Kata daripada sering digunakan secara tidak tepat, menyerupai pada teladan berikut.
(1) Tujuan daripada pertemuan ini yaitu untuk mencari jalan keluar mengenai hal-hal yang belum terpecahkan pada pertemuan yang lalu.
(2) Kita harus selalu sanggup memperhatikan cita-cita daripada anggota.
Kelompok kata (frasa) tujuan daripada pertemuan dan cita-cita dari pada anggota pada kedua teladan itu merupakan kelompok kata benda yang memiliki relasi pewatasan kata benda yang kedua mengambarkan kata benda yang pertama. Kata benda itu tidak menunjukkan relasi perlawanan. Oleh alasannya itu, penggunaan kata daripada dalam kedua teladan itu tidak tepat. Agar kalimat (1) dan (2) di atas menjadi baik, kedua kalimat itu diubah menjadi sebagal berikut.
(1a) Tujuan pertemuan ini adatah untuk mencari jalan keluar mengenai hal-hal yang belum terpecahkan pada pertemuan yang lalu.
(2a) Kita harus selalu sanggup memperhatikan cita-cita anggota.
Pemakaian kata daripada yang sempurna ialah menyerupai pada kalimat di bawah ini, yakni untuk menyampaikan kontras atau perbandingan.
(3) Nina lebih rajin daripada adiknya.
(4) Sebaiknya, kita tiba Iebih awal daripada terlambat.
Pada teladan (3) penutur ingin membandingkan Nina dengan adiknya dalam soal kerajinannya, sedangkan pada teladan (4) penutur ingin mengontraskan dua hal, yakni tiba Iebih awal dan terlambat. Berbeda sekali dengan teladan (1a) dan (2a) di atas, penghilangan kata daripada pada (3) dan (4) menjadi kalimat itu tidak benar.
(3a) *Nina lebih rajin adiknya.
(4a) *Sebaiknya, kita tiba lebih awal terlambat.
(http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/482




MATERI PELENGKAP RINGKASAN EKSEKUTIF HASIL UJIAN NASIONAL 2019 SMA/MA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

(BLOG )



PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019

















17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa





22. Mengurutkan Kalimat Acak biar Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa




















Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Un Memperbaiki Kalimat Semoga Menjadi Efektif (Pembahasan Soal Un Tahun 2019 Bahasa Indonesia Sma Nomor 20)"