Mengurutkan Kalimat Acak Paragraf Laporan Supaya Menjadi Padu (Pembahasan Soal Un 2019 Bahasa Indonesia Sma Nomor 22)

Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Untuk mengurutkan kalimat acak supaya menjadi paragraf padu sanggup dimulai dengan kalimat utama dan diikuti kalimat penjelas dengan memperhatikan urutan yang tepat. Hal lain yang perlu mendapat perhatian ialah kata penghubung pada kalimat-kalimat tersebut. 
Dengan memperhatikan kalimat utama (kalimat nomor 3), urutan penjelasan, dan kata penghubung pada kalimat-kalimat tersebut, urutan kalimat-kalimat yang sempurna ialah opsi E. 
RINGKASAN MATERI
MENGURUTKAN KALIMAT ACAK MENJADI PARAGRAF PADU.
Kalimat acak ialah kalimat lepas yang sanggup dijadikan paragraf yang padu dengan cara menempatkan kalimat utama lebih dahulu lalu diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berafiliasi satu dengan yang lain. 
Langkah-langkah mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu ialah sebagai berikut.

1.      Bacalah dengan cermat.

2.      Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama. Gunakan data tersebut sebagai kalimat utama lalu diikuti kalimat penjelas.

3.      Perhatikan kata penghubung antarkalimat yang biasanya terdapat pada kalimat-kalimat yang akan disusun. Paragraf sanggup disusun secara kronologis (urutan waktu) atau kausalitas (hubungan alasannya akibat)

4.      Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu menurut urutan logis. Misalnya dimulai dengan kalimat yang memuat gagasan umum lalu diikuti dengan gagasan khusus atau penjelas. 
  
PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa

Tidak ada komentar untuk "Mengurutkan Kalimat Acak Paragraf Laporan Supaya Menjadi Padu (Pembahasan Soal Un 2019 Bahasa Indonesia Sma Nomor 22)"