Contoh Rpp Model Stem Bahasa Indonesia Sma Teks Artikel Ilmiah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII / Genap
Materi Pokok : Unsur Kebahasaan Artikel
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI-1: Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
· KI-2: Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah | · Mengidentifikasi masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah · Mengidentifikasi unsur kebahasaan artikel dan atau buku ilmiah · Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa dalam artikel |
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | · Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah · Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann STEM dengan model pembelajaran PjBL-STEM, peserta didik sanggup mengidentifikasi masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah, mengidentifikasi unsur kebahasaan artikel dan atau buku ilmiah, mengidentifikasi persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa dalam artikel, menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah, menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta, mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun. dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
· unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
· penyusunan artikel dan/atau buku ilmiah
E. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan: STEM
Model Pembelajaran: PjBl-STEM
Metode: Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
· Worksheet atau lembar kerja (siswa)
· Lembar penilaian
· LCD Proyektor
Alat/Bahan :
· Penggaris, spidol, papan tulis
· Laptop & infocus
G. Sumber Belajar
1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan ihwal materi : Ø Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 150 Menit ) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru ihwal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran ihwal materi Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah yang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah yang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
A. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | Zuhri Indonesia | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun semoga evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | 250 | 62,50 | C | |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. | 50 | ||||
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | ||||
4 | ... | 100 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sahabat sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 | 450 | 90,00 | SB | |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | ||||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | 100 | ||||
4 | Marah dikala diberi kritik. | 100 | ||||
5 | ... | 50 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
25 | 50 | 75 | 100 | |||||
1 | Intonasi | |||||||
2 | Pelafalan | |||||||
3 | Kelancaran | |||||||
4 | Ekspresi | |||||||
5 | Penampilan | |||||||
6 | Gestur |
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan balasan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan | ||||
2 | Keserasian pemilihan kata | ||||
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa | ||||
4 | Pelafalan |
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi | ||||
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan | ||||
3 | Kemampuan mengolah kata | ||||
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, ibarat catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi penerima didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa menawarkan soal pemanis contohnya sebagai berikut :
1) Jelaskan ihwal Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan ihwal Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan ihwal Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Setelah Remedial | Keterangan |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 | ||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru menawarkan nasihat semoga tetap rendah hati, dikarenakan telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru menawarkan soal pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku ihwal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari informasi secara online ihwal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar, majalah, serta isu online ihwal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati pribadi ihwal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
Mengetahui, ……….., ……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
………………… ………………………
LAMPIRAN PENILAIAN
KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah. | · Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/ atau buku ilmiah |
Penilain Proses | Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan sanggup dilakukan semenjak kegiatan Research dan discovery Catatan terhadap penerima didik pada kegiatan tersebut sanggup dijadikan evaluasi sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. | Jenis : Tulis Bentuk : Uraian Contoh instrumen: 1. Tulislah problem yang dibahas dalam teks artikel yang Anda baca! 2. Jelaskan perbedaan fakta dengan opini dalam teks artikel! 3. Tuliskan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks artikel dan berikan contoh masing-masing! |
KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)
Kompetensi Dasar | Indikator |
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | · Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta · Mempresentasikan, menanggapi, dan mere-visi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun, |
Penilain Proses | Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan sanggup dilakukan semenjak kegiatan Application Catatan terhadap penerima didik pada kegiatan tersebut sanggup dijadikan evaluasi sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan kiprah (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. | Jenis : Menulis Bentuk: Uraian Contoh Instrumen Susunlah teks artikel dengan memerhatikan hal di bawah ini! a. Tentukan topik teks artikel! b. Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks artikel! c. Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks artikel dengan memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI! |
Portofolio
Khusus untuk kompetensi menulis, evaluasi mencakup proses dan produk yang tercakup dalam evaluasi portofolio. Dokumen portofolio berisi:
(a) draf selesai (produk) berbobot 40%;
(b) bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;
(c) bukti catatan ihwal apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan
(d) catatan reflektif berbobot 25%.
Penilaian Sikap
Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran (termasuk informasi dari portofolio) atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan isian lembar pengamatan
Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester : XII/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No | Waktu | Nama | Kejadian/ Perilaku | Butir sikap | Positif/ Negatif | Tindak Lanjut |
1. | 28 Januari 2020 | Indri | Tidak mengerjakan kiprah menganalisis teks artikel. | Tanggung jawab | - | Dipanggil dan disuruh mengerjakan kiprah kembali dengan waktu terbatas |
2. | 28 Januari 2020 | Sochib | Mengerjakan kiprah dengan serius, sempurna waktu, dan risikonya sangat baik | Tanggung jawab | + | Diberi kebanggaan atau apresiasi |
Pedoman Penskoran
a. Pengetahuan
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | a. Peserta didik menulis problem dalam teks artikel dengan sangat tepat | 4 |
b. Peserta didik menulis problem dalam teks artikel dengan tepat | 3 | |
c. Peserta didik menulis problem dalam teks artikel dengan kurang tepat | 2 | |
d. Peserta didik menulis problem dalam teks artikel dengan tidak tepat | 1 |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
2 | a. Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan artikel dengan sangat tepat | 4 |
b. Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan artikel dengan tepat | 3 | |
c. Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan artikel dengan kurang tepat | 2 | |
d. Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan artikel dengan tidak tepat | 1 |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor | |
3 | a. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks artikel dan menawarkan pola masing-masing dengan sangat tepat | 4 | |
b. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks artikel dan menawarkan pola masing-masing dengan tepat | 3 | ||
c. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks artikel dan menawarkan pola masing-masing dengan kurang tepat | 2 | ||
d. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks artikel dan menawarkan pola masing-masing dengan tidak tepat | 1 | ||
Keterangan
Nilai = Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 = 83,33
Nilai = 10 x 100 = 83,33
12
b. Keterampilan
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | a. Peserta didik memilih topik teks artikel sangat sesuai isi teks | 4 |
b. Peserta didik memilih topik teks artikel sesuai isi teks | 3 | |
c. Peserta didik memilih topik teks artikel kurang sesuai isi teks | 2 | |
d. Peserta didik memilih topik teks artikel tidak sesuai isi teks | 1 | |
2 | a. Peserta didik menyusun kerangka teks artikel sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik | 4 |
b. Peserta didik menyusun kerangka teks artikel lengkap dan sesuai dengan topik | 3 | |
c. Peserta didik menyusun kerangka teks artikel kurang lengkap dan kurang dengan topik | 2 | |
d. Peserta didik menyusun kerangka teks artikel tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks | 1 | |
3 | a. Peserta didik menulis teks artikel sangat sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 4 |
b. Peserta didik menulis teks artikel sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 3 | |
c. Peserta didik menulis teks artikel kurang sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 2 | |
d. Peserta didik menulis teks artikel tidak sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 1 |
Nilai = Perolehan skor
Jumlah kreteria/soa
Contoh
Nilai = 11 x 100 = 91,66
12
F. Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)
1. Penyajian komputer (laptop) dengan kegiatan powerpoint.
2. Bahan didik otentik teks artikel (hasil penelitian atau media massa).
3. Buku teks dan buku ensiklopedia.
4. Film dokumenter.
5. Internet.
Mengetahui, …………, ……….
Kepala …… Guru Mata Pelajaran,
……………. ………………………..
UNDUH FILE RPP STEM TEKS ARTIKEL KLIK https://drive.google.com/open?id=19nboNuNQLiv-i0CsjwgWDkmCEKPzGY6D
Baca Materi STEM
1. STEM Sebagai Pendekatan dalam Pendidikan/Pembelajaran https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
2. Model Pembelajaran STEM https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
3. Contoh Analisis STEM dalam KD/Kurikulum 2013
a. Tingkat Sekolah Menengah Pertama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
b. Tingkat Sekolah Menengan Atas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
4. Contoh RPP berbasis STEM
a. RPP Sekolah Menengah Pertama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
b. RPP Sekolah Menengan Atas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
c. RPP STEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
d. RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
Tidak ada komentar untuk "Contoh Rpp Model Stem Bahasa Indonesia Sma Teks Artikel Ilmiah"
Posting Komentar