Soal Dan Pembahasan Memilih Maksud Kalimat Dalam Teks (Soal Un Tahun 2019 Bahasa Indonesia Nomor 12)



Kunci jawaban: E
Pembahasan
Maksud kumpulan kata basa-basi sebagai orang timur pada kutipan cerpen tersebut yaitu keramahan orang yang berasal dari Asia. Maksud kumpulan kata tersebut sanggup disimpulkan dari tindakan tokoh yang mengatakan kepada temannya untuk mampir ke rumahnya. 
Ringkasan Materi
MENENTUKAN MAKSUD KALIMAT DALAM PARAGRAF
Maksud kalimat berarti maksud yang dikandung oleh suatu kalimat. Setiap kalimat mempunyai maksud tertentu yang dibuat oleh hubungan antarkata di dalam kalimat itu. Artinya, maksud setiap kalimat di dalam teks dipengaruhi keberadaan kalimat lainnya, terutama yang sebelum dan yang sesudahnya.
Contoh:
(1) Hidup bermasyarakat perlu saling menghargai. (2) Salah satu bentuk penghargaan yaitu dukungan pujian. (3) Membiasakan mengatakan kebanggaan berarti berguru hidup saling menghargai. (4) Hal itu akan menciptakan hidup ini semakin terasa indah.
Maksud kalimat kedua dalam paragraf itu yaitu pentingnya kebanggaan sebagai bentuk penghargaan dalam hidup bermasyarat.
Penjelasan: Kalimat (2) menjelaskan perihal kebanggaan sebagai salah satu bentuk penghargaan. Terutama dengan memperhatikan kalimat (1) penghargaan yang dimaksud di dalam kehidupan bermasyarakat.


PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019











Tidak ada komentar untuk "Soal Dan Pembahasan Memilih Maksud Kalimat Dalam Teks (Soal Un Tahun 2019 Bahasa Indonesia Nomor 12)"