Contoh Rpp Stem Bahasa Indonesia Teks Eksposisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia (Wajib)
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi Waktu : 8 × 45 menit (4X Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai kepingan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. | 3.4.1 Menemukan struktur teks eksposisi 3.4.2 Menemukan kebahasaan teks eksposisi 3.4.3 Membandingkan dua teks eksposisi |
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. | 4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan isi, struktur, dan aspek kebahasaan. 4.4.1 Mempresentasikan teks eksposisi yang disusun. . |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas pembelajaran dengan pendekatan STEM dan model pembelajaran PjBL-STEM, penerima didik sanggup menemukan struktur, aspek kebahasaan teks eksposisi, membandingkan struktur dan aspek kebahasaan, memilih gagasan pokok dan penjelas, serta menyusun teks eksposisi dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah
D. Materi
Teks eksposisi
1. struktur teks
2. aspek kebahasaan
3. perbandingan struktur dan aspek kebahasaan dua teks.
4. gagasan pokok dan penjelas
5. kerangka teks.
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : STEM
Model : PjBL-STEM
Metode : Diskusi, Penugasan, tanya jawab.
F. Media/Alat dan Sumber Belajar
Media/Alat : Lembar Kerja, LCD
G. Bahan dan Sumber Belajar
|
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-Langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
1. Penda-huluan | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidikk dengan pertanyaan “Apa yang dituliskan pada kepingan awal teks eksposisi?; Setelah hal tersebut/pendapat dilanjutkan dengan apa? Apa yang dituliskan pada kepingan final teks eksposisi? 3. Peserta didik mendapatkan informasi wacana materi dan tujuan yang akan dipelajari serta aktivitas pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks eksposisi. | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
2. Inti | Model PjBL-STEM 1. Reflection a. Peserta didik membaca analisis struktur teks eksposisi yang disediakan oleh guru ialah bertema teknologi b. Peserta didik bertanya jawab wacana isi dan struktur teks eksposisi. 3. Research Peserta didik membaca aneka macam sumber bacaan wacana struktur teks eksposisi 4. Discovery Peserta didik memilih teori struktur teks eksposisi untuk menganalisis struktur teks eksposisi bertema teknologi 4. Application Peserta didik mendiskusikan isi dan struktur teks eksposisi bertema teknologi yaitu: · Tesis/pernyataan pendapat · Argumentasi · Penegasan Ulang dan rekomendasi 5. Communication a. Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya; kelompok lain memperlihatkan balasan meliputi · Tesis/pernyataan pendapat · Argumentasi · Penegasan Ulang dan rekomendasi b. Di bawah bimbingan pendidik, penerima didik menyimpulkan · Isi setiap kepingan struktur · Struktur teks eksposisi | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kerja sama Berpikir kritis Kerja sama Berpikir kritis Komunikatif (Communicative) Kreativitas (Creativity) | 70 menit |
3. Penutup | Kegiatan pendidik bersama penerima didikyaitu: · Menyimpulkan struktur teks eksposisi serta isi setiap kepingan teks eksposisi Kegiatan guru yaitu: · Melaksanakan penilaian · Menyampaikan kiprah yang harus dikerjakan penerima didik untuk pertemuan kedua. · Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | Kreativitas HOTS | 10 menit |
I. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-Langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
1. Pendahu-luan | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidik dengan pertanyaan “Apakah dalam teks eksposisi memakai istilah-istilah tertentu?; 3. Peserta didik mendapatkan informasi wacana materi dan tujuan yang akan dipelajari serta aktivitas pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks eksposisi. | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
2. Inti | Model PjBL-STEM 1. Reflection a. Peserta didik membaca analisis struktur teks eksposisi bertema teknologi b. Peserta didik bertanya jawab mendiskusikan kebahasaan teks eksposisi. 3. Research Peserta didik membaca aneka macam sumber untuk dan berdiskusi kelompok untuk menentukan aneka macam ciri kebahasaan teks eksposisi 4. Discovery Peserta didik memilih teori wacana ciri kebahasaan teks eksposisi untuk menganalisis ciri kebahasaan teks eksposisi bertema teknologi. 4. Application Peserta didik menganalisis ciri kebahasaan teks eksposisi bertema teknologi sesuai dengan teori yang telah ditentukan. 5. Communication a. Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya; kelompok lain memperlihatkan balasan b. Peserta didik memperbaiki hasil kerja menurut masukan dari teman/kelompok yang lain. c. Di bawah bimbingan Pendidik, penerima didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks eksposisi bertema teknologi | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kerja sama Berpikir kritis Kerja sama Berpikir kritis Komunikatif (Communicative) Kreativitas (Creativity) | 70 menit |
3. Penutup | Kegiatan Pendidik bersama penerima didik yaitu: Menyimpulkan kebahasaan (Makna istilah, Afiksasi, Adjektiva) dalam teks eksposisi Kegiatan guru yaitu: · Melaksanakan penilaian · Menyampaikan kiprah yang harus dikerjakan penerima didik untuk pertemuan ketiga. · Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | Kreativitas HOTS | 10 menit |
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 3 (4 X 45 menit)
Tahap | Langkah-Langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Pendahuluan: | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerahTuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan Pendidik wacana materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya, “ Apa yang kalian ketahui wacana teks eksposisi?”; “ Bagaimana struktur teks eksposisi?”; 3. Peserta didik mendapatkan informasi wacana materi dan tujuan yang akan dipelajari serta aktivitas pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks eksposisi. | Religius Rasa ingin tahu | 15 menit |
Inti | Model PjBL-STEM 1. Reflection a. Peserta didik membaca eksposisi bertema teknologi b. Peserta didik bertanya jawab mendiskusikan penyusunan teks eksposisi bertema teknologi. 3. Research Peserta didik membaca aneka macam sumber untuk dan berdiskusi kelompok untuk menyusun teks eksposisi bertema teknologi 4. Discovery Peserta didik memilih teori wacana menyusun teks eksposisi bertema teknologi. 4. Application Peserta didik menyusun teks eksposisi bertema teknologi sesuai dengan teori yang telah ditentukan. 5. Communication a. Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya; kelompok lain memperlihatkan balasan b. Peserta didik memperbaiki hasil kerja menurut masukan dari teman/kelompok yang lain. c. Di bawah bimbingan pendidik, penerima didik menyimpulkan penyusunan teks eksposisi bertema teknologi | Literasi Kreativitas Rasa ingin tahu Kreativitas Kerja sama (Collaborative) Komunikatif (Communica-tive) Berpikir kritis (Critical thinking) | 150 menit |
Penutup | Kegiatan Pendidik bersama penerima didik yaitu: · Membuat simpulan hasil pembelajaran. · Merefleksi manfaat pembelajaran menyusun kalimat penjelas menurut kalimat utama . Kegiatan Pendidik yaitu: · Melaksanakan penilaian · Memberikan tugas · Menyampaikan aktivitas pembelajaran pada pertemuan berikutnya ialah menyusun teks negosiasi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. | Kreativitas HOTS | 15 menit |
J. Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik evaluasi : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian : tes
b. Bentuk Penilaian : Tes mulut (kuis) dan penugasan indiividu dan kelompok.
c. Instrumen penilaian: kuis (daftar soal) dan lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan:
a. Teknik penilaian : penugasan.
b. Bentuk : tugas tertulis.
c. Instrumen evaluasi : lembar kerja dan evaluasi presentasi
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali ialah dengan cara menugaskan kepada penerima didik untuk membenahi kiprah yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Baca Materi STEM
1. STEM Sebagai Pendekatan dalam Pendidikan/Pembelajaran https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
2. Model Pembelajaran STEM https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
3. Contoh Analisis STEM dalam KD/Kurikulum 2013
a. Tingkat Sekolah Menengah Pertama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
b. Tingkat Sekolah Menengan Atas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
4. Contoh RPP berbasis STEM
a. RPP Sekolah Menengah Pertama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
b. RPP Sekolah Menengan Atas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
c. RPP STEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
d. RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
Tidak ada komentar untuk "Contoh Rpp Stem Bahasa Indonesia Teks Eksposisi"
Posting Komentar