Contoh Soal Teks Eksposisi Pilihan Ganda Dan Uraian (1) Disertai Kunci Jawaban



Contoh Soal Penilaian Teks Eksposisi

1. Padatnya jadwal pelajaran di sekolah mengakibatkan kegiatan siswa untuk berguru tari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati belum dewasa untuk berguru tari Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya, Kamis (31/5).

Judul yang sempurna untuk wacana eksposisi di atas adalah….

A. Tari Remo Masih Diminati Anak-anak
B. Tari Remo sebagai Seni Budaya Jawa Timur
C. Festival Budaya di Surabaya
D. Ikon Budaya Jawa Timur
E. Belajar Tari Remo 

2. Perhatikan teks eksposisi berikut!

Buku sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II dimulai lantaran Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sumber-sumber konvensional menyalahkan pihak Jerman yang memulai perang yang paling mematikan sepanjang sejarah ini. Akan tetapi, tahukah Anda bila Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yang sama. Ada banyak laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga Jerman di seluruh wilayah Polandia.  Data-data tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka.

Pronomina yang dipakai dalam teks di atas yaitu sebagai berikut, kecuali….

 A. Anda                     B. saya       C. mereka              D. kita             E. warga

3. Di bawah ini kalimat yang bisa dipakai sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah….

 A. Selain konflik, salah satu alasannya yaitu yang sanggup memicu perang yaitu kebutuhan akan sumber daya alam.
B. Menurut John Rossa, hal yang mustahil yaitu wilayah perebutan kekuasaan yang hanya meliputi Jakarta, padahal dikala itu Partai Komunis Indonesia yaitu partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
C. Candi merupakan bangunan peribadatan pada masa purba yang merupakan peninggalan Hindu-Budha.
D. D.N. Aidit yaitu pemimpin PKI pada dikala terjadi insiden Gerakan 30 September.
E. Menurut para pakar geologi, Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.

4. Perhatikan teks eksposisi berikut!

(1) Struktur bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku. (2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu pola yang pernah penulis temukan yaitu mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa Indonesia. (4) Dalam banyak hal, struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada belahan final kalimat. (5) Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk yang muncul yaitu Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken. (6) Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada belahan final kalimat. (7) Proses ibarat ini ternyata kuat pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak memotong pembicaraan dikala berkomunikasi antarsesama. (8) Inilah satu alasan yang memperlihatkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya masyarakatnya.

Kalimat yang memperlihatkan letak belahan argumen muncul pada nomor….

A. 1, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 2, 5, dan 6
E. 2, 7, dan 8

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 5 dan 6

Air sangat penting bagi tubuh kita. Anjuran biar kita minum air sedikitnya 8 gelas sehari atau sekitar dua hingga dua setengah liter air benar-benar harus kita lakukan. Apabila asupan air mencukupi, hal ini sanggup membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh sanggup memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut. Dengan minum air sesuai proposal juga akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga sanggup membantu kita terhindar dari penyakit ginjal dan hati.

5. Abstraksi yang sesuai dengan kutipan teks eksposisi di atas yaitu ...

A. Air didistribusikan tubuh kita. Kita perlu minum 8 gelas sehari untuk membantu mencegah penyakit ginjal dan hati.
B. Air sangat penting bagi tubuh kita. Kita perlu minum 8 gelas sehari untuk membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh serta mencegah penyakit ginjal dan hati.
C. Air sangat penting bagi tubuh kita lantaran air sanggup membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh dan mencegah penyakit ginjal dan hati.
D. Tubuh kita perlu air dan nutrisi. Oleh lantaran itu, kita perlu minum 8 gelas sehari biar nutrisi ke seluruh tubuh sanggup didistribusikan
E. Kita perlu minum 8 gelas sehari untuk membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh. Sehingga, penyakit ginjal dan hati pun sanggup dihindari.

6. Salah satu kutipan bentuk obrolan yang sesuai dengan teks eksposisi di atas yaitu ..

A. Siswa: Berapa liter tubuh kita memerlukan air?
Penyuluh kesehatan: kurang lebih tiga liter sehari
B. Siswa: Bagaimana cara memasak air yang benar?
Penyuluh kesehatan: Air dipanaskan hingga benar-benar mendidih.
C. Siswa: Apakah air yang kita minum harus berupa air putih saja?
Penyuluh kesehatan: Kita memerlukan 8 gelas air putih dalam sehari. Tetapi, selain itu kita juga sanggup minum minuman lain, ibarat teh, kopi, dan sebagainya.
D. Siswa: Mengapa air sangat penting bagi tubuh kita?
Penyuluh kesehatan: lantaran air membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh sanggup memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut.
E. Siswa: Mengapa tubuh kita membutuhkan air?
Penyuluh kesehatan: lantaran air sanggup membuang racun dari hasil metabolisme tubuh kita.

7. Perhatikan teks berikut!

Bahasa Indonesia sebetulnya bisa menjadi bahasa kedua ASEAN sehabis bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang memakai bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di daerah ASEAN.

Kata hubung yang dipakai sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah….

 A. yang                      B. selain itu                 C. bahkan                    D. dan             E. jadi

8. Beberapa pohon tumbuhan di halaman rumah tidak mau berbunga ibarat tumbuhan sejenisnya yang lain. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk. Apa sebabnya? Ternyata tumbuhan tidak menerima sinar matahari, lantaran terhalang oleh pohon kayu besar yang ditanam di pinggir jalan.

Gagasan utama paragraf di atas yaitu …
A. Beberapa pohon tumbuhan halaman rumah tidak mau berbunga ibarat tumbuhan sejenisnya yang lain.
B. Beberapa pohon tumbuhan tidak mau berbunga.
C. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk.
D. Tanaman tidak menerima sinar matahari.
E. Tanaman terhalang oleh kayu besar.
9. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Tenaga kerja yang menjadi andalan pada masa pembangunan ini yaitu tenaga kerja yang mempunyai profesionalisme, mandiri, dan kreatif. Namun, kenyataannya perbandingan penawaran tenaga kerja lebih besar daripada lapangan kerja yang tersedia. Seharusnya semenjak pendidikan formal di SD, anak didik sudah diarahkan…

Kalimat yang sempurna untuk melanjutkan paragraf di atas adalah…

A. ke arah yang lebih baik lagi
B. untuk menjadi insan terampil, hebat di bidangnya, dan bisa membuat lapangan kerja baru, sehingga mereka menjadi insan mandiri
C. untuk masuk ke sekolah yang jenjang pendidikannnya lebih terarah
D. untuk menjadi calon tenaga kerja yang bersedia ditempatkan di dalam dan luar negeri
E. untuk menjadi pekerja yang tidak materialistis

10. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!

(1) Budaya jalan pintas yaitu manifestasi etos kerja yang kurang baik.
(2) Seseorang yang mempunyai etos kerja yang baik selalu mempunyai kemauan yang kuat untuk menghasilkan yang terbaik dalam pekerjaannya.
(3) Ada orang yang mempunyai etos kerja yang baik dan ada pula yang kurang baik.
(4) Sebaliknya, orang yang mempunyai etos kerja yang kurang baik selalu mempunyai keinginan untuk mencari jalan termudah dalam melaksanakan suatu Pekerjaan.
Keempat kalimat di atas sanggup disusun menjadi paragraf yang baik dengan urutan…

A. 3 – 2 – 4 – 1
B. 2 – 3 – 1 – 4
C. 4 – 2 – 3 – 1
D. 1 – 4 – 3 – 2
E. 2 – 4 – 3 – 1

11. Bacalah dengan saksama paragraf rumpang berikut ini!

Terakhir, profesionalisme sumber daya insan sangat penting. Kerja intelejen harus jernih, objektif, dan akurat. Lembaga intelejen harus terbebas dari afiliasi partai politik biar bisa netral. …

Kalimat epilog yang berisi permintaan dan pemfokusan yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas adalah…

A. Marilah kita usahakan biar tubuh intelejen tersebut kita jaga kenetralitasannya.
B. Oleh lantaran itu, sistem rekruitmen harus diubah, termasuk pola training dan pendidikan.
C. Tentu saja sistem training dan pola pendidikan intelejen harus bebas dari dampak politik.
D. Harapan kita, intelejen harus bisa bekerja secara maksimal.
E. Dengan demikian, forum intelejen kita lebih profesional.

Bacalah wacana berikut dengan cermat!

12. Pemakaian batubara di negara kita hingga dikala ini masih terbatas hanya pada PLTU dan pabrik semen. Teknologi pengolahan dan kualitas batubara yang dimiliki bisa dikatakan masih rendah. Selain itu, duduk kasus dana juga sangat terbatas. Di negara-negara maju, batubara sudah bisa diolah menjadi sumber energi. Di samping itu, dengan teknologi tinggi, batubara sudah bisa menghasilkan materi baku industri kimia berupa gas sintetis.

Berikut ini yang bukan merupakan rincian gagasan yang dikemukakan pada wacana di atas adalah…..

A. teknologi pengolahan batubara masih rendah
B. kualitas batubara masih rendah
C. batubara menjadi sumber energi
D. batubara materi baku industri kimia
E. pemakaian batubara masih terbatas

13. Salah satu kedudukan bahasa Indonesia yaitu sebagai bahasa nasional. Kedudukan ini dimiliki semenjak dicetuskannya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Kedudukan ini dimungkinkan oleh kenyataan bahasa Melayu yang mendasari bahasa Indonesia telah menjadi lingua franca selama berabad-abad di seluruh tanah air kita. Hal ini ditunjang oleh faktor tidak terjadinya persaingan antarbahasa daerah yang satu dengan bahasa daerah lainnya.

Paragraf di atas memakai pola pengembangan …

(A) analogi          (D) induksi 
(B) definisi          (E) deduksi 
(C) kausal

14. Bila istilah “wiraswasta” diterima sebagai terjemahan enterpreneur atau sebagai pengganti kata usahawan, maka hendaknya istilah wiraswasta tidak hanya berarti usahawan, juga mempunyai susila wira dan swasta. Jadi, seorang wiraswasta yaitu seorang usahawan yang bisa berusaha dalam bidang ekonomi/niaga secara sempurna guna, juga berwatak merdeka lahir batin serta berbudi luhur.

Paragraf di atas memakai pola pengembangan ….

(A) analogi          (D) sebab-akibat 
(B) deduksi         (E) klasifikasi 
(C) definisi

15. Bacalah paragraf berikut dengan baik!

1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi remaja ini berlangsung sangat cepat. Perkembangan juga terasa dalam bidang telekomunikasi. 2) Telepon bukan lagi barang mewah. 3) Bahkan telepon genggam pun sudah dimiliki oleh hampir semua orang, lantaran komunikasi dan informasi merupakan hal yang diharapkan oleh setiap individu. 4)  Bahkan, mungkin kini sudah menjadi kebutuhan primer.  ...                 

Kalimat yang paling sempurna untuk simpulan teks eksposisi tersebut adalah…

 A. Dengan demikian jelaslah, betapa besar peranan teknologi komunikasi dalam kehidupan.
 B. Hal itu menerangkan bahwa perkembangan teknologi akan maju.
 C. Oleh lantaran itu, manfaatkanlah perkembangan teknologi dengan baik.
 D. Hal itu membuat kinerja telekomunikasi perlu ditingkatkan.
 E. Sehingga teknologi komunikasi menjadi dunia perjuangan yang diminati.

16. Tesis atau pernyataan pendapat umum dalam kutipan teks tersebut yaitu ...

A. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi remaja ini berlangsung sangat cepat.
B. Perkembangan juga terasa dalam bidang telekomunikasi.
C. Telepon bukan lagi barang mewah. 
D. Bahkan telepon genggam pun sudah dimiliki oleh hampir semua orang, lantaran komunikasi dan informasi merupakan hal yang diharapkan oleh setiap individu. 
E. Bahkan, mungkin kini sudah menjadi kebutuhan primer. 

17. Kalimat utama       : Merokok sanggup mengganggu kesehatan.

  Kalimat penjelas       :

  (1) Banyak penyakit telah terbukti menjadi akhir jelek dan merokok, baik secara eksklusif maupun tidak langsung.
  (2) Asap rokok sanggup menjadi polutan bagi insan dan lingkungan sekitarnya.
  (3) Cukai terbesar untuk pendapatan negara yaitu dari produksi rokok.
  (4) Kebiasaan merokok bukan saja merugikan perokok, melainkan juga bagi orang di sekitarnya. 
   (5) Para pengusaha rokok terus bersaing untuk sanggup memproduksi rokok yang bebas dari polutan.

  Kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan kalimat utama teks eksposisi yaitu ...

  A. (l) dan (3) 
B. (2) dan (4)  
C. (3) dan (4) 
D. (3) dan (5) 
E. (4) dan (5)           

18. 1) Merokok berbahaya bagi semua orang. 2) Asap rokok yang kita hirup mengandung racun yang berbahaya. 3) Banyak penyakit yang ditimbulkan asap rokok, contohnya asma atau paru-paru. 4) Asap rokok, merusak tubuh kita secara tidak langsung. 5) Oleh lantaran itu, kita harus menghindari rokok.

Penegasan dari tesis kutipan teks eksposisi di atas yaitu pada kalimat ....

            A.1      B. 2     C.  3                D.  4                E.  5

19. Isi argumentasi dari teks eksposisi di atas yaitu ...

     A.   Rokok berbahaya bagi semua orang
     B.    asap rokok mengadung racun dan mengakibatkan penyakit
     C.    rokok beracun bagi semua orang
     D.   kita harus menghindari rokok
     E.    Rokok mengakibatkan asap beracun

20. Bacalah teks berikut dengan saksama

(1) Sebagai teks hasil produksi budaya, teks sejarah membutuhkan tiga hal: tesis, antitesis, dan  sintesis. (2) Lihatlah bagaimana banyak sejarawan muncul untuk mengkritisi dan menolak anggapan orde gres mengenai insiden G 30 S dan bagaimana Sokarno dipaksa untuk lengser dengan menyalahgunakan Supersemar. (3) Sebuah teks sejarah sejatinya terbuka dalam mendapatkan kritik dan koreksi. (4) Apa yang kita anggap benar pada masa kemudian belum tentu bertahan hingga masa sekarang. (5) Itu semua yaitu bentuk kritik dan koreksi terhadap konstruksi sejarah yang ada.

Teks eksposisi di atas tidaklah padu. Agar menjadi teks eksposisi yang baik, susunan yang sempurna adalah….

A. 3-1-5-2-4
B. 3-1-4-5-2   
C. 3-1-2-4-5
D. 3-1-4-2-5  
E.  3-1-5-4-2

21. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!

1) Seorang pelajar perlu secara fisik menawarkan komitmennya dalam belajar. 2) misalnya, dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal penting yang ditemui dalam belajar.3) Komitmen secara mental juga diharapkan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari pendengaran kiri ke pendengaran kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak.4)  Komitmen secara mental bisa dilakukan dengan mengaitkankan informasi gres yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru.5)  Dengan demikian, komitmen yaitu prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.

Ringkasan dari kutipan teks eksposisi tersebut yaitu ... .

A. Komitmen secara fisik dan mental yaitu prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.
B.  Memproses informasi yang didapat seseorang merupakan salah satu proses pembelajaran yang harus didasari oleh komitmen.
C.  Pembelajaran, yaitu melibatkan upaya untuk menyukai apa yang kita pelajari serta mencatat hal penting dengan dasar komitmen tertentu.
D.  Proses berguru sanggup mengaitkan informasi gres yang diterima dengan pengalaman selama dalam pembelajaran.
E. Berusaha mencari materi pelajaran sendiri merupakan cara untuk menyukseskan pembelajaran yang dilakukan seseorang.

22. Perhatikan tesis berikut!

Bersikap kritis dalam menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kalimat yang sempurna sebagai argumen yang mendukung tesis di atas adalah….

A. Perlunya standardisasi pemakaian bahasa lantaran bahasa yang baik yaitu bahasa yang konsisten dengan hukum yang telah dibuat.
B. Benar salahnya bahasa bukanlah hal yang maha penting berdasarkan Kridalaksana.
C. Sulit menerapkan hukum dan kaidah berbahasa dalam keseharian.
D.Balai Bahasa tidak gencar dalam menyosialisasikan kaidah kebahasaan kepada masyarakat.
E. Pembelajaran bahasa di sekolah selama ini tidak terfokus pada duduk kasus tata bahasa.

1) Banyak alasan orang tidak hobi atau tidak suka membaca. 2) Mereka mengganggap kegiatan membaca itu merupakan kegiatan yang menyita waktu sehingga membosankan. 3) Yang paling parah lagi, ada yang menyampaikan membaca kurang bermanfaat bagi dirinya. 4) Selain membaca, kegiatan menulis juga jarang dilakukan oleh para pelajar. 5) Banyak juga yang beropini membaca juga menjadikan kejenuhan.

23. Kalimat yang tidak mendukung pandangan gres pokok paragraf eksposisi di atas yaitu ... .

A. kalimat ke-1
B. kalimat ke-2                        D. kalimat ke-4
C. kalimat ke-3                        E. kalimat ke-5

24. (1) Dapat pula dikemukakan bahwa dalam paragraf yang kohesif tidak terdapat kalimat yang saling bertentangan. (2) Kohesif bermakna kepaduan. (3) Paragraf yang kohesif yaitu paragraf yang korelasi antarkalimatnya padu atau berjalinan erat. (4) Kepaduan itu ditandai dengan terciptanya saling mendukung antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. (5) Lebih terperinci lagi sanggup dikatakan bahwa paragaraf yang kohesif ditandai dengan tidak terjadinya saling mengingkari antara kalimat satu dengan kalimat lainnya.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu apabila disusun dengan urutan…

A. (2), (3), (5), (4), (1)
B. (1), (3), (5), (4), (2)
C. (5), (3), (2), (4), (1)
D. (2), (4), (5), (3), (1)
E. (2), (3), (4), (5), (1)

25. Seorang pelajar perlu secara fisik menawarkan komitmennya dalam belajar, contohnya dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal yang penting ditemui dalam belajar. Komitmen secara mental juga diharapkan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari pendengaran kiri ke pendengaran kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak. Komitmen secara mental sanggup dilakukan dengan mengaitkan informasi gres yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru. Dengan demikian, komitmein yaitu prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.                                    www.kompas.com

Arti kata “komitmen” dalam kutipan tersebut adalah….

A. kekuatan dalam menghadapi tantangan
B. kesukaan dalam mengerjakan sesuatu 
C. cara yang dilakukan dalam pekerjaan 
D. pikiran yang dianggap sangat tepat
E. perjanjian untuk melaksanakan sesuatu

26. Bacalah teks berikut dengan saksama!

 (1)  Remaja Indonesia mempunyai resiko tinggi terhadap paru kronis lantaran akhir rokok.  (2) Resiko tersebut disebabkan murahnya harga rokok di Indonesia. (3) Sebagai perbandingan, di Indonesia harga satu bungkus rokok enam ribu rupiah, sedangkan di Singapura mencapai SGD 11 (sekitar 60 ribu rupiah). (4) Rokok sangat terjangkau bagi para remaja yang umumnya belum bekerja. (5)  Lebih lanjut hasil riset menemukan bahwa di Indonesia berkembang pola merokok pada remaja dan kaun wanita. (6) Demikian juga rokok hadir dalam kemasan dan brand yang bervariasi.

Penulisan kata yang salah dalam paragraf di atas terdapat pada kata  ... .

     A.   remaja seharusnya para remaja
     B.    rokok seharusnya merokok
     C.    resiko seharusnya risiko
     D.   riset seharusnya reacet
     E.    kronis seharusnya keronis 

27. Bacalah teks berikut dengan saksama!

…. Bila kita tertarik dengan materi yang kita baca, biasanya kita baca dengan pelan. Misalnya kita membaca untuk keperluan ujian. Dengan sengaja kita coba memahami sebanyak mungkin materi yang kita baca itu. Sebaliknya bila kita tidak begitu tertarik dengan bacaan itu, kita hanya membacanya dengan cepat dan selayang pandang. Hasilnya hanya sebagian kecil saja dari bacaan itu yang kita ingat.

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi awal paragraf eksposisi tersebut adaalah ….

A. Buku bacaan banyak menawarkan informasi yang penting.
B. Bacaan terkenal berbeda dengan bacaan ilmiah.
C. Cara membaca dan tujuan membaca sangat akrab hubungannya.
D. Membaca intensif berbeda dengan membaca ekstensif.
E. Teknik membaca cepat sangat diharapkan dalam memahami bacaan

28. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Indonesia mempunyai banyak sekali rempah yang dipakai sebagai bumbu dapur. Salah satunya yaitu kencur. Kencur selain sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis, jahe, dan madu.

Isi teks eksposisi di atas adalah….

A. Indonesia memilik bermacam-macam rempah
B. Kencur bisa dipakai sebagai obat batuk
C. Kencur salah satu rempah
D. Jeruk nipis, jahe, dan madu harus dicampur kencur
E. Kencur yaitu bumbu dapur yang berkhasiat 

Bacalah kutipan teks eksposisi ini untuk menjawab soal nomor 29 dan 30!

Banyak alasan orang tidak hobi atau tidak suka membaca. Mereka mengganggap kegiatan membaca

itu merupakan kegiatan yang menyita waktu sehingga membosankan. Yang paling parah lagi, ada yang menyampaikan membaca kurang bermanfaat bagi dirinya. Ada pula yang berpandapat kalau orang hobi membaca akan menjadikannya ia pemalas lantaran waktu dihabiskan hanya untuk membaca. Banyak juga yang beropini membaca juga menjadikan kejenuhan.

29. Ide pokok paragraf eksposisi tersebut yaitu ....

A. pendapat wacana membaca
B.  memahami tujuan membaca
C. waktu tersedia untuk membaca.
D. alasan tidak hobi membaca
E. kejenuhan dalam membaca

30. Berdasarkan struktur isinya, kutipan teks eksposisi tersebut merupakan belahan dari ....

  A. tesis
  B. argumen  
  C. urutan peristiwa
  D. kesimpulan    
  E. antithesis

CONTOH SOAL URAIAN TEKS EKSPOSISI

1. Setiap teks mempunyai struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksposisi!
2. Permasalahan lingkungan sangat bermacam-macam dan kompleks. Tulislah teks eksposisi bertema permasalahan lingkungan.
3. Analislah kebahasaan teks eksposisi yang telah Anda buat yang meliputi kata teknis/istilah, kata sifat, afiksasi, dan kalimat verba. 

KUNCI JAWABAN PG

1. B

2. E

3. A

4. C

5. B

6. D

7. E

8. B

9. B

10. A

11. A

12. C

13. E

14. C

15. A

16. A

17. B

18. E

19. B

20. C

21. A

22. A

23. D

24. E

25. E

26. C

27. C

28. E

29. D

30. B

KUNCI JAWABAN SOAL URAIAN

1. Struktur teks eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang dibangun oleh pendapat atau opini. Sejalan dengan isi teks eksposisi, struktur teks eksposisi meliputi (a) tesis atau penyataan pendapat, (b) argumentasi, dan (c) penegasan ulang.
Tesis atau pernyataan pendapat yaitu belahan pembuka dalam teks eksposisi. Bagian tersebut berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.
Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasi sanggup berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argumen yang baik harus bisa mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembicara.

Bagian terakhir yaitu penegasan ulang, yaitu belahan yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.
2. Contoh teks eksposisi bertema lingkungan
Pembangunan dan Bencana Lingkungan
Bumi dikala ini sedang menghadapi banyak sekali duduk kasus lingkungan yang serius. Enam duduk kasus lingkungan yang utama tersebut yaitu ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu sanggup dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi lantaran jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi dikala ini belum sanggup menuntaskan permasalahan tersebut.
Para hebat menyimpulkan bahwa duduk kasus tersebut disebabkan oleh praktik pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan yang tidak berkelanjutan. Seharusnya, konsep pembangunan yaitu memenuhi kebutuhan insan dikala ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya.
Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada dikala ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di Negara berkembang, salah satunya Indonesia. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya tumbuhan dan fauna langka. Kenyataan ini sangat terperinci menggambarkan kehancuran alam yang terjadi dikala ini yang diikuti peristiwa bagi manusia.
Pada tahun 2005 - 2006 tercatat, telah terjadi 330 peristiwa banjir, 69 peristiwa tanah longsor, 7 peristiwa letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 peristiwa tsunami. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam.
Bencana alam lain yang menjadikan jumlah korban banyak terjadi lantaran praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, sanggup dipahami sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
Menurut tim hebat Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan akses drainase kota yang tidak terjadwal dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi mengakibatkan peristiwa banjir yang tidak terelakkan.
Masalah lingkungan di atas merupakan duduk kasus serius yang harus segera diatasi. Meskipun mustahil mengatasi keenam duduk kasus utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.
3. Analisis kebahasaan teks eksposisi
A. Banyak Mengunakan istilah.
Contoh
1. polusi: pencemaran
2. habitat a. Tempat tinggal khas bagi seseorang atau kelompok masyarakat. b. Bio tempat hidup organisme tertentu; tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan); lingkungan kehidupan asli. c. Geo tempat kediaman atau kehidupan tumbuhan, hewan, dan insan dengan kondisi tertentu pada permukaan bumi.

B. Banyak memakai kata sifat.
Contoh
Serius: a. Sungguh-sungguh; b. gawat, genting (karena menghadapi bahaya, risiko, akibat, dan sebagainya yang mungkin terjadi)

C. Banyak terdapat perubahan jenis kata lantaran afiksasi (pengimbuhan).

Kata Bentukan
Jenis
Imbuhan
Kata Dasar
Jenis
penipisan
nomina
pe(N)-an
tipis
adjektiva

D. Banyak memakai kalimat verbal, yaitu kalimat berpredikat verba. Kalimat lainnya, kalimat nominal, kalimat berpredikat nomina, adjektiva, numeralia, atau adverbia, jarang dipakai dalam teks eksposisi

Contoh

No
Kalimat
Jenis Kalimat Verbal
1.
Bumi dikala ini sedang menghadapi banyak sekali duduk kasus lingkungan yang serius.
Kalimat aktif transitif
2.
Kenyataan ini sangat terperinci menggambarkan kehancuran alam yang terjadi dikala ini yang diikuti peristiwa bagi manusia.
Kalimat aktif transitif
3.
Masalah lingkungan di atas merupakan duduk kasus serius yang harus segera diatasi.
Kalimat aktif intransitif
4.
Enam duduk kasus lingkungan yang utama tersebut yaitu ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan
habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan.
Kalimat aktif intransitif



CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL MATERI TEKS EKSPOSISI DAN PEMBAHASAN
1. Contoh soal Teks Ekposisi pada soal UN tahun 2016/2017 Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=kalimat-simpulan-paragraf   
2. Contoh soal Teks Eksposisi pada soal UN tahun 2017/2018 Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=kalimat-simpulan-paragraf

KUMPULAN SOAL DAN KUNCI JAWABAN BERBAGAI JENIS TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, DAN XII

KELAS X





KELAS XI





KELAS XII




Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Teks Eksposisi Pilihan Ganda Dan Uraian (1) Disertai Kunci Jawaban"