Kisi-Sisi Soal Ujian Sekolah Tahun 2020 Bahasa Indonesia Smp/Persiapan Ujian Nasional




KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2019/2020 SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 


No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-   Memaknai
Menentukan  makna kata/kalimat pada teks
Disajikan kalimat, siswa bisa memilih makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
1.       
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, penerima asuh bisa memilih maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat.
2.       
Menentukan informasi tersurat teks
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), penerima asuh sanggup memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
3.       
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), penerima asuh sanggup menetukan balasan pertanyaan wacana isi teks tersebut dengan tepat.
4.       
Menentukan kepingan teks
Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, penerima asuh sanggup memilih kalimat yang menyatakan kontradiksi dengan tepat.
5.       
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menentukan pandangan gres pokok
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , penerima asuh sanggup pandangan gres pokok paragraf tersebut dengan tepat.
6.       
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat, penerima asuh sanggup memilih menentukan kalimat utama teks tersebut dengan tepat.
7.       
Menyimpulkan isi teks
Disajikan teks yang terdiri 5-6 kalimat, penerima asuh sanggup memilih selesai isi paragraf dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), penerima asuh sanggup memilih pernyataan persetujuan pada paragraf kedua teks tersebut dengan tepat.
9.       
Meringkas isi teks
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), penerima asuh sanggup memilih ringkasan teks tersebut dengan tepat.
10.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan teladan (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan penggunaan bahasa, dan teladan penyajian beberapa jenis teks

Disajikan dua buah teks, siswa bisa membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat.
11.   
Disajikan dua buah teks (teks informasi dan teks ulasan/resensi), siswa bisa membandingkan teladan penyajian kedua teks dengan tepat.
12.   
Menilai keunggulan/kelemahan teks
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa bisa memilih pernyataan yang merupakan keunggulan/kelemahan  buku pada teks dengan tepat

13.   
Mengomentari isi teks

Disajikan penggalan teks, siswa bisa mengomentari isi teks dengan tepat.
14.   
2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa bisa mengartikan kata pada cerpen/fabel dengan tepat.
15.   
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa bisa memilih tokoh utama pada kutipan dengan tepat
16.   
menentukan kepingan cerpen dan fabel
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), penerima asuh sanggup memilih kepingan komplikasi pada teks tersebut  dengan tepat.
17.   

Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat.
18.   
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), penerima asuh sanggup memilih nilai adab yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
19.   
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), penerima asuh sanggup memilih amanat dongeng teks tersebut dengan tepat.
20.   
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), penerima asuh sanggup memilih alasannya konflik dongeng pada teks tersebut dengan tepat.
21.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan teladan (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan teladan pengembangan cerpen dan fabel
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), penerima asuh memilih perbedaan teladan pengembangan dua kutipan fabel tersebut dengan tepat.
22.   
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
Disajikan du kutipan cerpen, siswa bisa membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan cerpen dengan tepat
23.   
menunjukkan bukti latar dan watak
Disajikan teks dongeng pendek (2-3 paragraf), penerima asuh sanggup memilih bukti tabiat tokoh yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
24.   
Disajikan penggalan cerita, siswa bisa mengatakan kalimat bukti wacana seting/latar dongeng dengan tepat.
25.   
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa bisa mengomentari isi dongeng dengan tepat.
26.   
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, penerima asuh sanggup memilih kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.
27.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, penerima asuh bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat.
28.   
melengkapi paragraf
Disajikan penggalan teks mekanisme yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
29.   
melengkapi kepingan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi kepingan yang rumpang dengan kepingan teks (konjungsi) yang tepat.
30.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan teladan (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memvariasikan kata
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa sanggup memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
31.   
Memvariasikan kalimat
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa sanggup memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
32.   
menulis dengan gambaran tertentu
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, penerima asuh sanggup memilih paragraf yang sempurna menurut data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat.
33.   
Mengubah teks ke bentuk lain
Disajikan kutipan teks drama, penerima asuh sanggup memilih cerpen yang sempurna sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat.
34.   
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
Disajikan paragraf dengan dua kata yang dipakai secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
35.   
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, siswa bisa mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
36.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi kepingan rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
37.   
mengisi konjungsi dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi kepingan rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
38.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan teladan (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa bisa memilih perbaikan kalimat dengan tepat.
39.   
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat kalimat tidak padu, penerima asuh sanggup memilih perbaikan kalimat tersebut dengan sempurna .
40.   
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa bisa memilih alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat.
41.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa bisa memilih alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat.
42.   
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-        Memaknai
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat.
43.   
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat.
44.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip


Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, siswa bisa memakai kata depan dengan tepat.
45.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, siswa bisa memakai tanda titik dua dengan tepat.
46.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan teladan (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.


47.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma, siswa bisa memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma dengan tepat.
48.   
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan abjad kapital siswa bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat.
49.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat.
50.   



Tidak ada komentar untuk "Kisi-Sisi Soal Ujian Sekolah Tahun 2020 Bahasa Indonesia Smp/Persiapan Ujian Nasional"