Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Sma Kurikulum 2013 Paket 2 Tahun 2020



SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013
PAKET 2
1. Bacalah paragraf berikut!
Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat dan Puiau Morotai di Maluku Utara tersohor Seantero Nusantara dan mancanegara. Namun, kepulauan yang populer dengan panorama,  habitat laut, dan tradisi masyarakatnya ditetap­kan sebagai daerah tertinggal di Indonesia tahun 2015-2019. Penetapan tersebut dikarenakan wilayah dan masyarakat di kepulauan tersebut masih dianggap kurang berkembang dibanding daerah lain dalam skala nasional.
Makna istilah tercetak miring dalam paragraf tersebut yaitu pemandangan ....
A.   laut yang indah
B.   alam yang indah
C.   alam yang bebas dan luas
D.   kepulauan yang indah
E.   lingkungan alam


2. Cermatilah teks berikut!
Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang mempunyai danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi yaitu kesepakatan membentuk lembaga daerah peduli danau nusantara, menyususn acara strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.
Kalimat pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf adalah….
A.      Apakah tujuan Deklarasi Limboto?
B.       Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?
C.       Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?
D.      Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?
E.       Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?
3. Cermati paragraf berikut!
Dalam lagu Indonesia Raya”, Satu Nusa Satu Bangsa”, Rayuan Pulau Kelapa”, dan Indonesia Tanah Air Beta”, alam Nusantara kita akui dan syukuri, serta keragaman budayanya kita terima sebagai anugerah. Namun, sudah lama alam itu kita khianati. Kita tak bisa lagi mendengar jeritannya. Hati kita yang penuh kepentingan ini terlalu keras untuk mendengar tangisnya. Maka, alam pun menyelinapkan tangisnya di mata kita, memaksa kita mengaku bahwa kita telah bersalah lantaran menyangkali keragaman kita. Mengapa tangis itu begitu mengharukan? Karena tangis itu bukanlah tangis kita, tetapi tangis kedahsyatan alam Indonesia yang sedang menjeritkan penderitaannya.
         
         Maksud dari kalimat yang bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ...
A. Kita hanya memikirkan kepentingan hidup kita sendiri tanpa peduli kepada nasib orang lain.
B. Masyarakat tidak peduli terhadap nasib tumbuh-tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarnya.
C. Sebagian penduduk Indonesia mengambil kesempatan mengeksploitasi hutan di Kalimantan.
D. Masyarakat tertentu mempunyai kepentingan secara langsung akan kekayaan hutan Indonesia.
E. Kita tidak peduli dengan kerusakan alam luar biasa yang telah terjadi di bumi Indonesia.
4. Cermati kedua kutipan berikut!
Teks 1
Abad ini, media sosial menyerupai facebook, bbm, path, dan twitter telah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat Indonesia. Tiada hari yang terlewatkan tanpa mengecek jejaring sosial. Fenomena memotret sajian masakan yang tersaji lebih dahulu sebelum makan, kemudian mengunggahnya ke media umum sudah menjadi kebiasaan cowok di negeri ini. Hal tersebut dilakukan biar dikatakan kekinian”. Terlebih ketika perkembangan jaringan komputer dari waktu ke waktu yang semakin canggih dan merambah pada perangkat ponsel yang jauh lebih fleksibel dalam mengakses dunia maya.
Teks 2
Namun, yang menjadi problem yaitu ketika kita terlalu asyik dengan dunia maya, bagaimana kehidupan kita di dunia nyata? Kebanyakan dari kita cenderung menjadi introver. Mereka yang biasa berkoar-koar ketika chatting di dunia maya, menjadi cenderung pendiam di kehidupan sosial. Tidak ada salahnya jika menyebut media sosial mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” lantaran kita terlalu sibuk membangun kehidupan di dunia maya. Intensitas mengobrol dengan anggota keluarga berkurang dan ketika berkumpul dengan teman, kita sibuk mengecek jejaring sosial. Hal ini tidak bisa kita biarkan terus-menerus lantaran akan merusak kekerabatan yang telah usang terjalin di dunia nyata.
         
         Kontradiksi isi kedua kutipan teks tersebut yaitu ...
A.   Kebiasaan mengunggah segala acara seseorang di media umum menjadi gaya hidup masyarakat secara luas di negeri ini.
B.   Perangkat ponsel jauh lebih fleksibel dalam mengakses dunia maya menimbulkan kita mendapat informasi yang lebih luas.
C.   Kecanggihan perangkat ponsel dalam mengakses dunia maya mengurangi intensitas berkomunikasi dengan keluarga.
D.   Perkembangan jejaring komunikasi yang semakin canggih menimbulkan kita lebih sibuk dengan media sosial.
E.    Kecenderungan cowok ketika ini menghabiskan waktunya mengecek jejaring sosial bersama teman-teman sebayanya.

5. Bacalah teks berikut.
E.         Penyajian pembelajaran  Bahasa Indonesia jenjang SMA.
6. Bacalah dua kutipan teks isu dibawah ini!
Kutipan Teks Berita 1
Sekitar 1.000 relawan dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat bekerja bakti membersihkan sampah di daerah hutan Kota Babakan Siliwangi yang terletak di tengah kota Bandung, Jawa Barat. Kerja bakti tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 18 September 2011. Kerja bakti tersebut dilakukan menyusul rencana pelantikan Babakan Siliwangi sebagai hutan kota dunia yang pertama ada di Indonesia.
Kutipan Teks Berita 2     
Babakan Siliwangi, hutan kota seluas 3,8 hektar yang terletak di tengah kota Bandung, akan segera diresmikan sebagai hutan kota dunia yang pertama ada di Indonesia. Peresmian Babakan Siliwangi sebagai hutan kota dunia dilaksanakan pada 27 September 2011 bersamaan dengan Konferensi Lingkungan Anak dan Pemuda 2011. Peresmian tersebut akan dihadiri Wapres Boediono serta duta besar dari Negara sahabat.
  Kesamaan informasi kedua kutipan tersebut yaitu . . . .
A. Berbagai kalangan bekerja bakti membersihkan kota hutan Babakan Siliwangi
B. Keberadaan Babakan Siliwangi diakui oleh dunia
C. Peresmian hutan kota dunia yang pertama ada di Indonesia dihadiri oleh Wakil Presiden dan para duta besar.
D. Hutan Babakan Siliwangi akan dijadikan hutan kota dunia yang pertama di Indonesia
E. Para pelajar bekerja bakti membuat  hutan kota dunia yang pertama
7. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Tenaga kerja yang menjadi andalan pada masa pembangunan ini yaitu tenaga kerja yang mempunyai profesionalisme, mandiri, dan kreatif. Namun, kenyataannya perbandingan penawaran tenaga kerja lebih besar daripada lapangan kerja yang tersedia. Seharusnya semenjak pendidikan formal di SD, anak didik sudah diarahkan…
Kalimat yang sempurna untuk melanjutkan paragraf di atas adalah…
A. ke arah yang lebih baik lagi
B. untuk menjadi insan terampil, andal di bidangnya, dan bisa membuat lapangan kerja baru, sehingga mereka menjadi insan mandiri
C. untuk masuk ke sekolah yang jenjang pendidikannnya lebih terarah
D. untuk menjadi calon tenaga kerja yang bersedia ditempatkan di dalam dan luar negeri
E. untuk menjadi pekerja yang tidak materialistis
8. Bacalah teks berikut.
Pembentukan tajuk merupakan pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atas batang dengan daun-daunnya. Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama. Plumula terdiri atas batang (epikotil), satu atau dua calon daun (primordia daun), dan meristem apikal. Sumbu embrio tumbuh memanjang berdiferensiasi menjadi buku-buku dan ruas-ruas. Lambat laun primordia kuncup akan dibuat di ketiak-ketiak daun.
Pernyataan evaluatif terkait dengan teks tersebut yaitu ….
A. teks tersebut sangat rinci dalam menjelaskan perkembangan tajuk
B. tajuk merupakan pembahasan utama dalam teks tersebut
C. pembahasan wacana tajuk ada dalam pelajaran biologi
D. perlu ada klarifikasi lain wacana tajuk, contohnya melalui buku
E. kurang ada klarifikasi tambahan wacana struktur tajuk
9. Bacalah penggalan hikayat di bawah ini dengan cermat!
Maka pada suatu hari baginda pun sedang ramai dihadap oleh segala raja-raja sekalian, maka Si Miskin itu pun datanglah di hadapan Baginda itu. Setelah dilihat banyak orang itu akan Si Miskin itu tiba dua laki istri dengan rupa kainnya menyerupai dimamah anjing rupanya, maka orang banyak itu pun ramailah ia tertawa serta mengambil kayu dan batu, habislah bengkak-bengkak, ada yang berdarah, segala tubuhnya itu berlumuranlah dengan darah, maka orang pun gemparlah.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A.      Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B.      Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C.      Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D.      Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E.      Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.
10. Bacalah paragraf berikut!
Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangkaan eliji di Kota Salatiga. Selama bulan pahala hingga menjelang Idulfitri diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelunya, stok elpiji melon Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480. 
Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu perhitungan ....
A.       tentang hal-hal yang belum terjadi
B.       tentang hal-hal yang sudah terjadi
C.       rata-rata yang terjadi
D.       rata-rata setiap bulan
E.    permintaan yang akan tiba
11. Cermati kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16-17!
Menurut ibu yang didengarnya dari ayah, alasannya terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda itu lantaran Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan rupanya kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak lagi sanggup menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan untuk beramai-ramai menyerang mereka. (Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)
Konflik dalam kutipan  di atas adalah….
A.  Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
B.   Opzichter merasa murka lantaran istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
C.   Rasa murka (gelap mata)  kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter
D.  Rasa tertekan perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.
E.   Opzichter merasa terhina lantaran istri-istri kuli kontrak menolaknya.
12. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa menimbulkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada insiden Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya lantaran soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A.  Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B.  Orang yang menebang pohon milik orang lain sanggup dimasukkan ke penjara.
C.  Kerukunan kampung sanggup terganggu lantaran penebangan pohon pepaya.
D.  Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E.   Dua kilo beras telah mengakibatkan dua orang bertikai.
13. Cermati paragraf berikut!

                             Pantun 1       
Pantun 2
Mari kita ke pasar bunga
beli bunga harganya murah
Jika dinasihati ayah dan bunda
Janganlah kesal jangan menyanggah
Laju laju bahtera laju
laju hingga ke Surabaya
Jika rajin menuntut ilmu
kelak hidupmu akan sejahtera

            Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut yaitu ….


Pantun 1
Pantun 2
A.
nasihat biar menuruti hikmah orang tua
nasihat biar rajin belajar
B.
menganjurkan menyayangi tanaman
menginginkan hidup sejahtera
C.
menginformasikan harga bunga
meraih kesuksesan hidup di dunia
D.
cara mendengarkan hikmah orang tua
cara menuntut ilmu pengetahuan
E.
menjelaskan sifat-sifat buruk
menjelaskan cara meraih kesejahteraan
                 
14. Cermati kutipan cerpen berikut!
Pada suatau hari Permaisuri di kerajaan Pulau Mintin menoinggal dunia. Sejak ketika itu Raja menjadi sedih dan selalu murung. Keadaan ini membuatnya tidak sanggup memerintah dengan baik. Pada ketika yang sama , keadaan kesehatan raja pun makin menurun. Kemudian, raja pun berniat untuk berlayar guna menghibur hatinya. Sementara raja pergi, tentu saja ad yang menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan tahtanya kepada kedua anaknya.
Keterkaitan insiden dalam kutipan kisah rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A.    Kematian seseorang mentebabakan perebutan harta warisan.
B.     Kematian membuat seseorang membenci bahagia.
C.     Kematian seseorang harus segera dilupakan dengan berwisata.
D.    Kematian seseorang meyebabakan orang yang ditingggalkan kecewa.
E.     Kematian orang yang disayang meninggalkan sedih yang mendalam
15. Cermati kutipan novel berikut!

       Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, saya sudah merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike akhirnya meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan gres bisa tiba sehabis ia meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana ia dilarang menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, saya dan Mas Irwan mengangkat anak berjulukan Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas cakrawala. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing.
(Matahari di Batas Cakrawala, Mira W.)

         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut yaitu …
A. Amanat dalam kisah disampaikan terlalu gamblang oleh pengarang.
B. Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan tempat.
C. Tokoh dalam kisah kurang terfokus sehingga alur kisah tidak begitu jelas.
D. Pendeskripsian tabiat tokoh dalam kutipan kisah kurang tergambar.
E. Sajian permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.

16. Cermati paragraf berikut!
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetap fokus menarik … untuk industri berbasis teknologi tinggi. Kemudahan perizinan menjadi salah satu andalan untuk hal tersebut.
         
         Istilah yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yaitu ....
A.   teknologi
B.   energi
C.   kolaborasi
D.   investor
E.    investasi


17. Cermati urutan kalimat Berikut

(1)  Hal itu diungkapkan biar tidak ada lagi tumbuhan padi yang terkena puso dan rusak lantaran kekeringan.
(2)  Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada animo kemarau depan.
(3)  Oleh lantaran itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4)  Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5)  Akibatnya, banyak tumbuhan padi yang terkena puso.

     Urutan kalimat tersebut biar menjadi paragraf padu yaitu ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D. (3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2), (3), (1), dan (4)
.
18. Cermati paragraf (tesis) dan kalimat-kalimat argumentasi berikut!
Tesis
Ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan. Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat yaitu kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; bukan perkebunan atau peternak besar, perusahaan multinasional pertanian, dan sejenisnya.
Kalimat-kalimat argumentasi
(1)
Perspektif lain dari ekonomi rakyat sanggup pula dilihat dengan memakai perspektif jargon: ”Ekonomi dari Rakyat, oleh Rakyat, dan untuk Rakyat.”
(2)
Rakyat menguasai dan mempunyai hak atas sumber daya untuk mendukung kegiatan produksi dan konsumsi.
(3)
Dalam hal ini perlu dikemukakan bahwa ekonomi sangat penting bagi negara.
(4)
Siapa saja sanggup melaksanakan transaksi ekonomi dan pemanfaatannya.
(5)
Beberapa transaksi ekonomi harus dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik mungkin.
         
         Kalimat argumentasi yang sanggup mendukung tesis tersebut yaitu ....
A.   (1) dan (2)
B.   (1) dan (3)
C.   (2) dan (3)
D.   (3) dan (4)
E.    (4) dan (5)
19. Cermati urutan kalimat berikut

(1)  Hal itu diungkapkan biar tidak ada lagi tumbuhan padi yang terkena puso dan rusak lantaran kekeringan.
(2)  Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada animo kemarau depan.
(3)  Oleh lantaran itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4)  Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5)  Akibatnya, banyak tumbuhan padi yang terkena puso.

     Urutan kalimat tersebut biar menjadi paragraf padu yaitu ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D. (3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2), (3), (1), dan (4)

20. Bacalah teks berikut.
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan acara diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh lantaran itu, kita harus pandai menentukan mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu warna kulit kentang. .... jangan menentukan kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut yaitu ...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

21. Cermati kalimat tanya berikut!
Apakah kita peduli terhadap kelestarian lingkungan alam?
       
         Kalimat perintah yang santun sebagai pengganti kalimat tanya tersebut yaitu ...
A.   Tanamkan pada diri Anda keinginan peduli terhadap lingkungan alam!
B.   Sadarkan diri Anda bahwa Anda orang yang harus peduli lingkungan alam!
C.   Tunjukkan jati diri Anda bahwa Anda orang yang peduli lingkungan!
D.   Tunjukkanlah identitas Anda bahwa Anda sangat peduli lingkungan alam!
E.    Buktikanlah kepedulian Anda terhadap kelestarian lingkungan alam!
22. Cermati kutipan kisah berikut!
Pahlawan cilik Bu Aisah yaitu anak yang luar biasa. Bintang namanya. Berharap ia akan terang menyerupai bintang, terang dengan cahayanya sendiri, itulah keinginan akan namanya. Dan kini ia telah menjadi penerang untuk keluarganya.
”Bintang sedang apa di situ, mari masuk!!!” sambil menepuk bahu anak tersebut. ”aku tak mau belajar.” dengan logat khas bataknya.
”Belajar itu untuk kau juga nantinya.. biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi bila kau kaya nanti tidak ditipu orang.”
(Jendela Cerita Menembus Mimpi, Via Lusinia)

Ubahan kisah tersebut menjadi teks drama adalah  ... .
A.   Bu Aisah    :    ”Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!”
       Bintang      :    ”Aku tak mau belajar!”
       Bu Aisah    :    ”Belajar itu untuk kau juga nantinya. Biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi bila kau kaya nanti tidak ditipu orang.”
B.    Bu Aisah    :    Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!            
       Bintang      :    Aku tak mau belajar!
       Bu Aisah    :    Belajar itu untuk kau juga nantinya. Biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi bila kau kaya nanti tidak ditipu orang.
C.    Bu Aisah    :    (sambil menepuk bahu Bintang) ”Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!”
       Bintang      :    (dengan logat bataknya) ”Aku tak mau belajar!”
       Bu Aisah    :    ”Belajar itu untuk kau juga nantinya. Biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi bila kau kaya nanti tidak ditipu orang.”
 D.  Bu Aisah    :    (sambil menepuk bahu Bintang) ”Mari masuk!”
       Bintang      :    ”Aku tak mau belajar!”
       Bu Aisah   :    ”Mengapa kau tidak mau?”
E.    Bu Aisah    :    (memanggil dengan bunyi lantang) ”Bintang!
       Bintang      :    (dengan logat bataknya) ”Aku tak mau belajar!”
       Bu Aisah    :    ”Belajar itu untuk kau juga nantinya. Kau mau jadi orang kaya, kan?”

23. Cermati kalimat berikut.
Akibat tidak ada yang membeli barang dagangannya, pengusaha itu ….
Penggunaan ungkapan yang sempurna untuk mengisi kalimat di atas yaitu ....
A. banting tulang
B. gulung tikar
C. panjang tangan
D. tebal muka
E. angkat tangan

24. Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Kesuksesan di dunia bersifat semu (…) sementara. Sekaya apapun kita, setinggi apapun jabatan kita, semua tidak akan membantu (…) selesai hayat menjemput. Hanya amalan-amalan kita di dunia lah yang menjadi penolong kita ketika menjalani kehidupan yang kekal di alam abadi nanti. Barang siapa yang terhindar dan selamat dari api neraka dan dimasukkan ke dalam nirwana (…) ia telah mendapat kemenangan (…) kesuksesan yang sebenarnya.

Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
A.       tetapi, meskipun, maka, atau
B.       dan, meskipun, maka, maupun
C.       atau, ketika, maka, dan
D.       tetapi, ketika, meskipun, dan
E.     dan, ketika, meskipun, atau
25. Cermati teks perundingan berikut!
Pembeli
:
Bu saya mau beli gitar ini, berapa harganya?”
Penjual
:
Kalau gitar yang itu harganya 750 ribu, Nak.”
Pembeli
:
Harganya boleh kurang nggak, Bu?”
Penjual
:
Hmmm, boleh. Mau nawar berapa, Nak?”
Pembeli
:
600 ribu aja Bu, gimana?”
Penjual
:
Wah, harga segitu rasanya tidak bisa, Nak.”
Pembeli
:
Kalau 625 ribu?”
Penjual
:
…”
Pembeli
:
Iya deh Bu, saya setuju, ini uangnya.”
       
         Kalimat berupa pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi teks tersebut yaitu ...
A.   Wah, nggak bisa. Kemurahan kalau segitu.
B.   Yang benar saja, nawarnya serius tidak.
C.   Naikkan sedikit Nak, 650 ribu Ibu lepas gitar ini.
D.   Niat beli atau tidak Nak, Ibu tidak memaksa.
E.    Nawarnya jangan main-main Nak, Ibu pedagang.
26. Bacalah kutipan drama berikut!
Di ruang depan ada bangku goyang dan bangku tamu. Gusti Biang marah-marah terus.
Gusti Biang : “Si bau tanah itu tak pernah kelihatan kalau sedang dibutuhkan. Pasti ia sudah berbaring di kandangnya menembang menyerupai orang kasmaran akal-akalan tidak mendengar, padahal saya sudah berteriak, hingga leherku patah. Wayaaaaan … Wayaaaan tuaaaa….”
Wayan      :           nuna sugere Gusti Biang, kedengarannya menyerupai ada yang berteriak.” Gusti Biang : …
Wayan            : “Tentu saja Gusti Biang, itu sebabnya tiyang datang.”
Gusti Biang : “Jangan berbantah denganku. Kau sudah bau tanah dan rabun, lubang telingamu sudah ditempati kutu busuk. Kau sudah tuli, malas, dan suka berbantah, Cuma bisa bergaul dengan si belang. Kau dengar itu kuping tuli?”
Wayan           : “Betul Gusti Biang.”
Bila Malam Bertambah Malam, Putu Wijaya
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi belahan yang rumpang dalam penggalan drama di atas adalah ...
A.  ”Apa saja yang kau kerjakan hingga tak dengar saya memanggilmu?”
B.  ”Leherku hingga putus memanggilmu. Telingamu masih kau pakai tidak?"
C.  ”Sudahlah tak perlu kau datang, bosan berteriak-teriak memanggilmu ini!”
D.  ”Wayaan...Wayan...selalu saja kau tak mendengar bila saya memanggilmu!”
E.   ”Kemana saja Kau Wayan, setiap kali kupanggil selalu tidak dengar!”

27. Cermati kutipan cerpen berikut!
Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini. ”Bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan pada yang lebih muda?” Saran Azrial, putra sulung Makaji sewaktu ia mudik enam bulan lalu.
”Mungkin sudah saatnya ayah berhenti.”
”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu,” balas Makaji.
Konversi naskah drama yang sesuai dengan kutipan kisah tersebut yaitu ...
A.       Makaji          :           ”Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda?”
Azrial                      : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu”
B.        Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau Ayah berhenti?”
               Ayah        :            ”Belum! Akan ayah pikul beban ini selama ayah kuat meracik bumbu.”
C.        Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Ayah                       : ”Belum! Akan ayah terima beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu”
D.       Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Makaji                     : ”Belum! Akan saya pikul beban ini hingga tangan ayah tak lagi lincah meracik bumbu.”
E.        Azrial : (enam bulan lalu, ketika pulang kampung) ”Sudah saatnya Ayah berhenti membantu kenduri di kampung ini.”
Makaji                    :  ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu.

28. Bacalah penggalan karya ilmiah berikut ini!
Pengobatan tradisional memakai tumbuhan obat keluarga (toga) telah menjadi tradisi. Penduduk Desa Sisir lebih menentukan memakai toga daripada obat-obatan modern. Tidak hanya untuk pengobatan, beberapa toga menyerupai daun katuk, daun dan umbi lengkuas juga diolah sebagai sayur untuk dikonsumsi sehari-hari. Cara pengobatan dan rujukan masakan yang banyak memakai toga ini mengakibatkan badan lebih tahan terhadap penyakit.
Berdasarkan isi dan cara penyajiannya, penggalan karya ilmiah di atas termasuk ke dalam bagian ...
A.      latar belakang
B.       tujuan pembahasan
C.       metode penelitian
D.      pembahasan
E.       kesimpulan

29. Bacalah teks berikut!
Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melaksanakan koreografi memakai benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli badan mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung.
Teks tersebut disusun dengan rujukan ....
A. perbandingan
B. pengklasifikasian
C. penyebaban
D. kronologis
E. keruangan
30. Cermati kedua kutipan berikut!
Teks 1
Pisang merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah warga. Pisang biasa diambil buahnya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan lantaran mengandung vitamin (A, B6, C, dan E), mineral (mangan, magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, dan potasium), serta karbohidrat. Selain buahnya, seluruh komponen pisang mulai dari daun, jantung, hati, bonggol, bahkan kulit pisang mempunyai manfaat bagi kesehatan.
Teks 2
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta, kulit buah naga merah sanggup menghasilkan imun. Hal ini dikarenakan kulit buah naga merah mempunyai kandungan antimikroba, antivirus, antibakteri, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut sanggup meningkatkan kekebalan badan penderita HIV/AIDS.
       
         Perbedaan rujukan penyajian (struktur teks) pada kedua kutipan teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
teks pernyataan umum
penegasan ulang
B.
teks penegasan ulang
argumentasi
C.
teks argumentasi
penegasan ulang
D.
tesis
argumentasi
E.
tesis
pernyataan umum





31. Cermati kedua kutipan berikut!
Cuplikan I
Sekarang ini yang jadi buah bibir yaitu Diandra. Hari-hari di sekolah ini tiada kata tanpa
Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa Diandra. Begitu juga dengan sohib gue, Raya danYus yang setiap hari nyaris ngomongin cewek berjulukan Diandra melulu.
“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang mukanya agak tirus, “Sulit untuk membandingkan
kecantikan Diandra dengan bintang sinetron atau foto model sekalipun!”
“Eh, Gibran! Lo jangan sok alim!” senggol Raya yang punya body gede.
Cuplikan II
Somad tipe cowok murahan, itu kata temannya tanpa tedeng aling‑aling. Habis, cowok itu
kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka promosiin diri di depan gadis-gadis sekitarnya. Promosi diri sendiri terus… ke mana-mana. Nggak cuma sama teman-teman sekolahnya, tapi juga sama bawah umur cewek sekitar rumah, masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggak pandang bulu.
“Gue orangnya nggak som‑som, lho….”
“?”
“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”
Persamaan kedua cuplikan kisah di atas yaitu ....
A. tokoh berwatak humoris
B. berlatar sekolah
C. bertema percintaan
D. sudut pandang orang pertama
E. berbahasa Indonesia yang baik dan benar
32. Perhatikan kutipan teks berikut.
 Prasangka baik saya, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa
di lingkungan sekolah. Saya berkeyakinan bahwa kepercayaan wacana “berbahasa Indonesialah
yang baik dan benar” telah mereka peroleh jauh-jauh sebelumnya, semenjak SLTP atau bahkan
sejak mereka SD. Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka.
Teks tersebut digolongkan ke dalam jenis eksposisi lantaran ....
A. menceritakan proses terjadinya cara berbahasa siswa
B. menjelaskan ihwal terjadinya kekurangwibawaan berbahasa
C. menggambarkan keadaan kemampuan berbahasa siswa
D. meyakinkan pembaca wacana perlunya berbahasa baik dan benar
E. mendorong pembaca untuk selalu menyayangi bahasa Indonesia

33. Perhatikan kutipan teks berikut.
Pada suatu ketika mereka mampir ke sebuah restoran. Ketika memesan makanan, mereka
bingung dengan menu-menu masakan yang disediakan. Mereka pun tidak bisa berbahasa
Inggris dengan baik.
Bagian itu disebut sebagai orientasi anekdot lantaran ....
A. mengarahkan pada terjadinya krisis
B. bertokohkan antagonis
C. menjadi unsur konflik utama
D. mengandung kelucuan
E. tidak beralur maju

34. Cermati puisi berikut!
SUJUD
Apakah kau lupa bahwa tanah
adalah bapak dari mana ibumu
dilahirkan, tanah yaitu ibu yang
menyusuimu
dan memberi makan
...
dalam kesendirian dalam perjalanan panjang menuju keabadian.
karya: Mustofa Bisri


Larik bermajas yang sempurna untuk mengisi belahan yang rumpang yaitu ....
A. pohon-pohonan tumbuh subur di sana
B. bebatuan yang hambar
C. aliran sungai yang deras
D. Duduk tertegun di bawahnya
E.  tanah yaitu mitra yang memelukmu

35. Cermati kedua teks berikut!
Teks 1
Awan berasal dari uap air yang terkumpul di atmosfer bumi. Kumpulan uap air tersebut mengalami proses kimia alami, yaitu menjadi hambar hingga menyentuh titik kondensasi, sehingga mengubah gas menjadi bentuk cair atau padat, kemudian menggumpal membentuk awan.
Teks 2
Kristal salju mempunyai struktur unik, tidak ada kristal salju di dunia ini yang mempunyai bentuk sama. Salju yang sudah turun semenjak awal bumi tercipta hingga sekarang, tak ada satu pun yang mempunyai bentuk kristal yang sama. Meskipun mempunyai keunikan, salju juga tidak jarang mengakibatkan dampak jelek pada pisik maupun materik yang nilainya tidak sedikit.
       
         Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut yaitu ....

Teks 1
Teks 2
A.
kata baku
kata tidak baku
B.
kata tidak baku
kata baku
C.
ejaan tidak baku
ejaan baku
D.
struktur baku
ejaan baku
E.
ejaan baku
kata tidak baku
36. Cermati paragraf berikut!
Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam aneka macam lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring biar menjadi kalimat yang efektif yaitu …
A.  Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.
B.  Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.
C.  Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.
D.  Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam aneka macam lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.
E.   Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.

37. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada November seiring dengan meningkatnya intensitas hujan. Musim kering yang panjang akan mengakibatkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar kemudian terjadi retakan dan rekahan tanah di permukaan. Pada ketika hujan, air akan menyusup ke belahan yang retak lantaran tanah cepat mengembang. Setelah itu, terjadilah longsor.

Konjungsi yang sempurna untuk menggantikan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ....
A.   sesaat, sehingga
B.    maka, ketika
C.    lalu, namun
D.   sehingga, akibatnya
E.    maka, seketika

38. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!
Tepi danau itu bersih, tampak tak ada sampah yang berhamburan. Tempat sampah disediakan sedemikian rupa sehingga terjangkau. Perahu yang disediakan memadai untuk melayani wisatawan domestik setiap pengunjung. Pengunjung diharuskan mematuhi aturan tempat wisata. Jika pengunjung melanggar aturan akan ditegur dengan penuh kearifan. Tempat parkir disediakan cukup luas. Pengunjung yang membawa kendaraan harus ditempat yang disediakan.       
Kalimat yang efektif untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah....
A.  Kendaraan harus diparkirkan oleh pengunjung sendiri di tempat yang disediakan.
B.   Setiap pengunjung boleh membawa kendaraan sendiri dan diparkir sendiri.
C.   Tempat pengunjung parkir yang tersedia sangat memadai dan diparkir disitu.
D.  Pengunjung memarkir kendaraannya dengan parkir yang tersedia di tempatnya.
E.   Pengunjung memarkir kendaraannya secara teratur di tempat yang telah disediakan.

39. Cermati paragraf berikut!
Desa Sukarejo populer dengan kerajinan tangan dan barang bekas. Kerajinan itu dibuat dari limbah yang dikumpulkan warga pada ”Bank Sampah.” Sampah itu dipilah sesuai jenisnya, contohnya plastik, kertas, bekas botol minuman, dan lain-lain. Sampah-sampah tersebut dibuat tas, keranjang, bahkan pot bunga. Pihak desa mengkontrak tempat untuk masyarakat melaksanakan aktivitas. Produk yang dihasilkan kemudian dipasarkan melalui desa, ternyata bisa mensejahterahkan warga desa.

         Pengimbuhan yang sempurna untuk memperbaiki kata yang bercetak miring yaitu ....
A.   mekontrak, menyejahterakan
B.   mengontrak, mesejahterakan
C.   menkontrak, mengsejahterakan
D.   mengontrak, menyejahterakan
E.    memkontrak, mengsejahterakan

40. Cermati paragraf berikut!
(1) Kita perlu waspada karena media sosial bisa membuat kecanduan. (2) Hal tersebut kuat psikis apabila kita tidak bisa mengontrolnya. (3) Kadang media umum kita jadikan buku harian untuk mencurahkan segala hal. (4) Kita tidak mempunyai ruang langsung lagi. (5) Segala hal yang kita rasakan dibagi di media sosial.
       
          Pernyataan yang sempurna untuk menyatakan kesalahan kalimat tersebut yang disertai alasannya  adalah ...
A.   Kalimat (1), penggunaan imbuhan me- pada kata membuat tidak sempurna lantaran kata tersebut melaksanakan perbuatan.
B.   Kalimat (2), penggunaan kata berpengaruh sebagai predikat tidak sempurna seharusnya mempengaruhi lantaran sanggup diikuti objek.
C.   Kalimat (3), penggunaan kata mencurahkan pada kalimat tersebut tidak sempurna lantaran kata tersebut diikuti pelengkap.
D.   Kalimat (4), penggunaan kata memiliki tidak sempurna seharusnya dimiliki lantaran kalimat tersebut kalimat pasif.
E.    Kalimat (5), penggunaan kata dibagi pada kalimat tersebut tidak sempurna seharusnya berbagi lantaran kata tersebut diikuti pelengkap.




Uraian
41. Cermati teks anekdot berikut!
(1)
Suatu hari yang cerah, matahari terang benderang ada percakapan yang tidak terlalu penting antara guru dengan muridnya.
(2)
Murid
:
Bu Guru diperbolehkan tidak yah orang dieksekusi alasannya perbuatan yang belum dikerjakannya?
(3)
Ibu Guru
:
Iya tidak bolehlah Nak, seseorang itu gres bisa diberi sanksi bila ia sudah melaksanakan kesalahan.
(4)
Murid
:
Terima kasih ya Bu, saya belum menuntaskan PR soalnya Bu.
(5)
Ibu Guru
:
Ooo … dasar murid.

a.  Siapakah partisipan utama pada teks tersebut?
b.  Tuliskan nomor kalimat berupa sindiran pada teks tersebut!
c.  Tuliskan nomor kalimat yang merupakan struktur koda dari teks anekdot tersebut!
d.  Mengapa Ibu Guru melontarkan kalimat “Ooo … dasar murid” di kalimat terakhir?
42. Perhatikan kata-kata kunci teks laporan hasil observasi berikut.
Pengertian Wayang-Wayang Kulit-Wayang Wong-Wayang Golek
Susunlah kata-kata kunci tersebut menjadi teks laporan hasil observasi.
43. Perhatikan ilustrasi berikut
Sore hari, Toni sedang sibuk di kamarnya.Tiba-tiba bunyi pintu diketuk.Ketika dibuka ternyata seorang gadis manis ada di depannya. Dengan heran, Toni bertanya wacana siapa dan ada apa gadis itu tiba ke kamarnya. Dengan nada murka gadis itu meminta pertanggungjawaban kepada Toni atas keadaan adiknya yang sedang sakit, akhir kesedihan lantaran sikap Toni yang telah mengkhianati cinta adiknya.
Ubahlah teks kisah tersebut ke dalam bentuk drama
44. Perhatikan kutipan teks berikut.
Menurut tim andal Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak bersiklus dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi mengakibatkan peristiwa banjir yang tidak terelakkan.
Berikanlah tanggapanmu berdasarkan kelengkapan struktur teks
45. Cermati kalimat berikut!
a.       Dia mempunyai banyak teman, lantaran baik hati.
b.      Presiden Indonesia menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia



KUNCI JAWAB SOAL PAKET 2 UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020
1. C
2. D
3. E
4. D
5. E
6. D
7. B
8. A
9. C
10. A
11. C
12. D
13. A
14. E
15. E
16. D
17. B
18. A
19. E
20. E
21. C
22. C
23. B
24. C
25. C
26. B
27. D
28. A
29. B
30. D
31. B
32. B
33. A
34. E
35. A
36. B
37. D
38. A
39. D
40. B

Uraian
41. Analisis teks anekdot
a.  Partisipan utama dalam teks tersebut yaitu Murid
b.  Nomor paragraf yang terdapat kalimat sindiran pada teks tersebut yaitu paragraf ke-3
c.  Nomor kalimat yang berupa koda dari teks anekdot tersebut adalah  paragraf ke-5
d.  Ibu Guru melontarkan kalimat “Ooo … dasar murid” di kalimat terakhir lantaran muridnya belum mengerjakan PR dan tidak mau dihukum.
42. Teks eksposisi
Wayang yaitu seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya orisinil Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 memutuskan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).
Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut diadaptasi dengan penggunaan materi wayang. Wayang kulit dibuat dari kulit binatang ternak, contohnya kulit kerbau, sapi, atau kambing. Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek adalah wayang yang memakai boneka kayu sebagai bintang film tokoh.

43. Teks drama berdasarkan narasi tersebut.
  Toni   :         (Terkejut) Oh Anda siapa ya mbak?
  Gadis :         Kenalkan. Aku kakaknya Dea! (dengan nada ketus)
  Toni   :         Ooh..oh.. ya Mbak, emang ada apa mbak?
  Gadis :         Dea sakit!
  Toni   :         Sakit? (kaget, dan mulai gelisah)
  Gadis :         Ya! (Berhenti sejenak dan memandangan dengan nanar ke Toni)
                       Dan itu lantaran ulah kamu.
              Toni   :         Maaf Mbak, itu semua hanya salah paham!
              Gadis :         Nggak! Itu bukan salah paham tapi dasar kamunya yang telah tega    menyakiti perasaan adikku!
44. Tanggapan terhadap teks eksposisi.
       Teks eksposisi tersebut tidak lengkap lantaran hanya berupa argumentasi, tidak ada belahan tesis dan penegasan ulang.
45. Perbaikan kalimat dan alasan
a.       Dia mempunyai banyak sobat lantaran baik hati.
Alasan: tanda koma (,) tidak dipakai bila induk kalimat mendahului anak kalimat.
b.      Presiden Indonesia menandatangani perjanjian bilateral dengan Jepang.
Alasan: kata gabung yang mendapat awalan dan akhiran ditulis serangkai.

Baca juga
1. Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=kisi-kisi-ujian-sekolah-tahun-2020

Tidak ada komentar untuk "Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Sma Kurikulum 2013 Paket 2 Tahun 2020"