Tipe-Tipe Soal Akm Dan Survey Karakter



TIPE-TIPE SOAL AKM DAN SURVEY KARAKTER
Oleh Muh Zuhri-Guru Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali
HP 081326446361
Info pengenalan simulasi AKM dan Survey Karakter Tahun 2020

Soal AKM terdiri dari soal literasi dan numerasi
1. Soal literasi antara lain disajikan teks bacaan yang cukup panjang sebagai stimulus lalu ditanyakan tentang
a. gagasan pokok teks
b. simpulan teks
c. persamaan isi beberapa teks
d. pernyataan yang sesuai/tidak sesuai dengan isi teks
e. pernyataan sesuai atau tidak dan diminta menuliskan alasan
2. Soal Numerasi
Disajikan data berupa angka dalam bentuk tabel dan grafik
ditanyakan
a. isi data
b. data yang sesuai/tidak sesuai
c. pernyataan disertai alasan jawaban
3. Soal Survey Karakter
Disajikan sebuah ilustrasi insiden tokoh menghadapi situasi tertentu, lalu disajikan pilihan balasan tindakan/sikap tokoh menghadapi situasi tertentu. Berdasarkan pilihan tindakan/sikap yang dipilih, sanggup ditentukan huruf seseorang. 


Baca Juga
1. Pembahasan Soal AKM/AKSI (1)Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=soal-akm-aksi-dan-pembahasan-kunci
2. Pembahasan Soal AKM (2) Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=soal-akm-aksi-dan-pembahasan-kunci


AKM dan survei karakter, terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar memakai bahasa (literasi), kemampuan bernalar memakai matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. Bentuk soal AKM akan diperkenalkan kepada siswa yang mengikuti simulasi UN tahun ini, sehingga ada kemungkinan pula bentuk-bentuk soal tersebut juga akan keluar ketika UN utama nantinya. Sedangkan bagi guru juga akan diperkenalkan bentuk soal AKM sebagai citra bagaimana mengelola proses pembelajaran kedepannya dan bagaimana melaksanakan penilaian dengan bentuk soal AKM.

Bentuk soal AKM yang diperkenalkan kepada guru, tidak terbatas hanya untuk guru mata pelajaran yang di UN-kan ketika ini, akan tetapi untuk semua guru mata pelajaran. Artinya bentuk soal AKM merupakan bentuk soal lintas kompetensi, lintas bidang dan/atau lintas mata pelajaran. Tidak lagi membedakan mata pelajaran secara signifikan akan tetapi melihat sebuah kompetensi sebagai citra utuh dari puzzle banyak sekali mata pelajaran. Mata pelajaran yang ada akan menjadi “tools” untuk membentuk kompetensi tersebut.
Menurut Pak Menteri, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ialah kompetensi yang benar-benar minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah menurut kompetensi minimum. Ini kompetensi minimum kompetensi dasar yang diperlukan murid untuk bisa mencar ilmu apa pun materinya. Ini ialah kompetensi minimum yang diperlukan murid untuk bisa mencar ilmu apa pun mata pelajarannya.
Selanjutnya Pak Menteri juga menjelaskan bahwa materi AKM ada dua yaitu literasi (baca-tulis) dan numerasi. “Literasi' bukan sekadar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik goresan pena tersebut. Sedangkan 'numerasi' ialah kemampuan menganalisis memakai angka. Dia menekankan 'literasi' dan 'numerasi' bukan perihal mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan murid-murid memakai konsep itu untuk menganalisis sebuah materi. Bukan menurut mata pelajaran lagi. Bukan menurut penguasaan konten materi. tahun ini AKM dan survey huruf diujicobakan, baik pada siswa maupun guru. Rencananya tahun 2021 AKM dan survey huruf sudah diterapkan sebagai pengganti UN.

A. Asesmen Kompetesi Minimum (AKM)
1. Pengertian dan Tujuan AKM
Mengukur kompetensi berpikir atau bernalar siswa ketika membaca teks (literasi) dan menghadapi dilema yang membutuhkan pengetahuan matematika (numerasi). Literasi ialah Kemampuan bernalar perihal dan memakai bahasa, sedangkan numerasi ialah kemampuan bernalar memakai matematika.
Literasi dan numerasi bukan mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan memakai konsep itu untuk menganalisis sebuah materi.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
• Kata Minimum mengacu kepada tidak semua konten di dalam kurikulum diukur di dalam AKM.
• AKM akan mengukur keterampilan dasar: literasi dan numerasi. Kemampuan bernalar perihal teks dan angka. Kompetensi tersebut dibangun dari jenjang dasar hingga menengah dalam suatu learning progression.
• AKM berbentuk survey dengan sample siswa kelas 4, kelas 8, dan kelas 11 – tidak melaporkan hasil individu siswa namun laporan agregat yang berfokus kepada peningkatan internal dari waktu ke waktu bukan komparasi antar kelompok.
• AKM dipakai untuk memetakan sekolah- sekolah dan daerah- kawasan menurut kompetensi minimal
3. Ciri-Ciri Soal AKM dan contohnya
Soal AKM mengacu pada praktik baik pada level internasional mirip PISA dan TIMSS
1. Ciri soal yang Mendorong Peningkatan Kompetensi
• Memiliki taktik untuk diagnosa kesalahan (misconception)
Perbandingan jumlah siswa pria terhadap siswa wanita ialah 2: 3. Jumlah seluruh siswa 30.
Maka jumlah siswa pria adalah….
a. 6      -- menghitung pembagian jumlah total dengan jumlah proporsi
b. 10 -- menghitung pembagian jumlah total dengan porsi terbesar
c. 12
d. 18 -- memakai proporsi perempuan
e. 20 – secara eksklusif mengalikan perbandingan terhadap jumlah
2. Ciri soal yang Mendorong Peningkatan Kompetensi
• Memiliki taktik untuk memetakan tahapan kemampuan siswa (where to go)










4. Literasi Membaca
Pada soal membaca PISA aspek kompetensi membaca dikategorikan tiga jenis yang mencakup:
• kemampuan mengungkapkan kembali isu (retrieving Information),
• menyebarkan interpretasi (developing an interpretation),
• merefleksikan dan mengevaluasi teks.

Contoh Literasi Membaca
Seorang yang kikir menjual seluruh hartanya dan membeli segumpal emas yang dikuburnya di dalam sebuah lubang di samping sebuah dinding tua. Dia lalu mengunjungi simpanannya itu setiap hari. Salah seorang anak buahnya memperhatikan hal ini dan memutuskan untuk mengintai gerak-gerik si kikir. Anak buahnya ini lalu mengetahui belakang layar harta yang tersembunyi tersebut, dan mulai menggali,dan menemukan segumpal emas, dan dicurinya. Si kikir, pada kunjungan berikutnya, menemukan lubang yang sudah kosong dan mulai menarik-narik rambutnya dan meraung-meraung sejadi-jadinya. Seorang tetangga, yang melihat insiden itu dan mengetahui apa penyebabnya,  kemudian berkata, “Berdoalah dan jangan bersedih, ambillah  segumpal  batu, dan letakkan di dalam lubang itu, dan bayangkan seperti emas itu masih berada di sana. Bagi kau hal itu akan sama saja, sebab sewaktu emas itu berada di sana, kau tidak memilikinya, sebab kau sedikit pun tidak
menggunakannya.”
1. Tipe pertanyaan untuk mengukur kemampuan menemukan kembali isu dari teks

2. Tipe pertanyaan mengintegrasikan dan Menginterpretasikan
• Pembaca dituntut menyebarkan interpretasi dengan mengintegrasikan banyak sekali pengetahuan dan menghubungkan rincian dongeng dengan inspirasi utama, mirip teladan soal di bawah ini.

3. Merefleksikan dan mengevaluasi isi bacaan
Pembaca menciptakan hipotesis alasan perbuatan pelaku dongeng dengan menggabungkan isu sebelumnya dengan isu pada bacaan serta isu di luar teks, mirip teladan soal berikut ini.
Mengapa si kikir mengubur emasnya?
…………………………………………

4. Tipe pertanyaan mengintegrasikan dan menginterpretasikan
Pembaca dituntut membentuk pemahaman yang luas
Apa pesan utama dongeng ini?
A. Jangan menyimpan kekayaan yang gampang dicuri.
B. Mempercayai orang lain ialah suatu kesalahan.
C. Tidak memakai apa yang dimiliki sama dengan tidak memilikinya.
D. Jangan menangisi sesuatu yang tidak bisa diubah

B. Survey Karakter dan Lingkungan Belajar
 Mengukur luaran mencar ilmu yang lebih bersifat sosial- emosional, serta kualitas proses belajar-mengajar di tiap sekolah.
Contoh karakter, contohnya pembelajar, gotong royong, kebhinnekaan, dan perundungan, kejujuran, tanggung jawab, semangat belajar, kerja sama, dan sebagainya.

Sumber
PPT AKM dan RPP Sederhana oleh Bowo Sugiharto
PPT Kebijakan Penilaian Pendidikan Dalam Rangka Merdeka Belajar oleh  Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 


CONTOH SOAL AKM
LITERASI
A. Menentukan gagasan utama/ide pokok paragraf 
1. Bacalah teks berikut!

Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT  Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangakaan elpiji di Kota Salatiga. Selama bulan puasa hingga menjelang Idulfitri diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelumnya, stok elpiji melon di Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.
Ide pokok paragraf tersebut ialah . . .
A. kerjasama pemerintah Salatiga dengan Pemprov Jawa Tengah
B. upaya menggulangi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga
C. stok elpiji di Kota Salatiga
D. penambahan stok elpiji per Juni 2016
E. stok elpiji melon di Kota Salatiga
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Ide pokok paragraf di atas ialah penambahan stok elpiji per Juni 2016. Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama atau awal paragraf sehingga termasuk paragraf deduktif. Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan dengan inspirasi penjelas. Kalimat nomor 2. 3, 4, dan 5 berisi klarifikasi mengenai tujuan dan alasan penambahan stok elpiji per Juni 2016.


2. Bacalah paragraf berikut!
Seseorang akan diuji dengan apa yang beliau miliki. Ketika mempunyai ilmu, beliau akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, beliau akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di ketika menduduki jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang mempunyai harta
D. tanggung jawab wewenang
Kunci jawaban: A
Pembahasan
Ide pokok atau gagasan pokok ialah gagasan utama atau gagasan yang paling penting dalam paragraf.
Ide pokok paragraf di atas ialah ujian hidup seseorang. Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama atau awal paragraf sehingga termasuk paragraf deduktif. Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan dengan inspirasi penjelas. Kalimat nomor 2. 3, dan 4 berisi klarifikasi mengenai macam-macam ujian hidup seseorang.


B. Menentukan simpulan paragraf


Bacalah teks berikut!
Bagi anak-anak, bermain merupakan acara yang menyenangkan. Selain itu, bermain sanggup dipakai untuk melatih otak si kecil biar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini sanggup diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan mempunyai banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.
Simpulan isi teks tersebut ialah ….
A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C. Permainan sanggup mempengaruhi kondisi emosional anak.
D. Permainan hanya menciptakan anak menjadi senang semata.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Kalimat simpulan ialah pendapat terakhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan sanggup diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf.
Kalimat simpulan yang sempurna sesuai isi teks tersebut ialah Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.  (opsi B). Hal ini, menurut isi pernyataan-pernyataan sebelumnya yang berisi klarifikasi mengenai manfaat permainan untuk hiburan dan sebagai sarana belajar.
Opsi A dan D tidak sesuai dengan isi teks. Opsi C merupakan salah satu pernyataan yang terdapat dalam teks. 

CONTOH SOAL NUMERASI


Seorang penyiar TV menunjukkan grafik berikut dan berkata:

“Pada grafik berikut menunjukkan ada kenaikan yang tajam terhadap jumlah robberi dari tahun 1998 hingga 1999.”


Apakah kalian baiklah dengan pernyataan reporter TV tersebut? Apakah grafik tersebut mewakili pernyataan reporter TV tersebut? Berilah klarifikasi untuk mendukung jawabanmu.

Baca Juga
1. Pembahasan Soal AKM/AKSI (1)Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=soal-akm-aksi-dan-pembahasan-kunci
2. Pembahasan Soal AKM (2) Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=soal-akm-aksi-dan-pembahasan-kunci

Tidak ada komentar untuk "Tipe-Tipe Soal Akm Dan Survey Karakter"