Contoh Soal Bukti Etika Tokoh (Kalimat Yang Menunjukkan Etika Tokoh)

Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Watak tokoh Amak yang kukuh pada pendiriannya terdapat pada kalimat bernomor (4) atau opsi D, yaitu Tapi tiga hari berlalu, tidak ada gejala impian keras Amak goyah. 
Kata goyah bermakna tidak teguh; tidak tetap (tentang pendirian, keyakinan, kedudukan, dan sebagainya) (https://kbbi.web.id/goyah). Dengan demikian, tidak goyah berarti teguh atau tetap pendirian. 
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN KALIMAT YANG MENUNJUKKAN WATAK TOKOH
Pengarang sanggup memberikan watak tokoh melalui cara eksklusif dan tidak langsung. Penyampaian watak secara eksklusif (analitik) ialah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui klarifikasi berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami abjad tokoh alasannya ialah penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat. 
Penyampaian watak secara tidak eksklusif ialah melalui percakapan antartokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain. Kali ini pembaca mau tidak mau harus berpikir sedikit lebih keras untuk memahami abjad tokoh, alasannya ialah watak-wataknya disampaikan secara tersirat. 
Langkah-langkah memilih kalimat yang memberikan watak tokoh dalam cerita

  1. Pahami pernyataan ihwal watak tokoh yang ditentukan.
  2. Baca dan pahami isi kalimat yang berkaitan dengan tokoh yang ditentukan.
  3. Tentukan kalimat yang isinya menggambarkan watak tokoh yang ditentukan. 

 
PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
22. Mengurutkan Kalimat Acak biar Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa

Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Bukti Etika Tokoh (Kalimat Yang Menunjukkan Etika Tokoh)"