Contoh Soal Un Memprediksi Kelanjutan Dongeng Dan Pembahasan

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Memprediksi insiden menurut isi dongeng artinya memperkirakan insiden yang akan terjadi menurut isi cerita. Kejadian-kejadian dalam dongeng mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lain. 
Berdasarkan insiden sebelumnya, kita sanggup memprediksi insiden yang akan datang. Pada dongeng sebelumnya dikisahkan Mbok Jah bantu-membantu merasa mendapat semuanya di rumah keluarga Mulyono. Namun, Ia sudah bau tanah dan tidak ingin menjadi beban maka kalimat prediksi kesedihan yang sempurna yaitu Dengan berat hati, Mbok Jah kemudian pulang ke kampungnya, walaupun akan menanggung kesepian di sana (opsi B).

RINGKASAN MATERI
MEMPREDIKSI KEJADIAN BERDASARKAN ISI CERITA
Memprediksi insiden menurut isi dongeng artinya memperkirakan insiden yang akan terjadi menurut isi cerita. 
Kejadian-kejadian dalam dongeng tidaklah bangun sendiri. Dengan kata lain, kejadian-kejadian itu saling berkaitan yang kemudian membentuk alur/plot. Kejadian-kejadian itu biasanya mempunyai relasi alasannya akibat. Kejadian satu sanggup menjadi alasannya bagi insiden berikutnya. 
Untuk melengkapi dongeng dengan kalimat prediksi sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1.    Pahami isi dongeng dengan tepat.
2.    Temukan kata kunci yang sanggup dijadikan jembatan untuk menghubungkan alur cerita.
3.    Perhatikan kalimat-kalimat atau peristiwa-peristiwa sebelumnya. Kalimat prediksi sempurna yaitu yang sesuai dengan peristiwa-peristiwa sebelumnya.
  
PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
22. Mengurutkan Kalimat Acak semoga Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa

Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Un Memprediksi Kelanjutan Dongeng Dan Pembahasan"