Kunci Tanggapan Dan Pembahasan Soal Un Smp Tahun 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Menentukan Pernyataan Yang Sesuai Isi Teks)


Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Untuk memilih pernyataan yang isi teks kita harus memahami isi teks secara keseluruhan. Setelah itu, kita membandingkan pernyataan pada pilihan tanggapan dengan isi teks.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks ialah Keenam Jembatan Barelang yang dibangun pada tahun 1992-1998 dengan dana sebesar 400 miliar untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam melibatkan ratusan insinyur Indonesia (pilihan tanggapan D). Pernyataan tersebut sesuai dengan isi teks pada kalimat pertama dan kedua. 
Pernyataan pada pilihan tanggapan A tidak sempurna alasannya ialah pada teks nama jembatan terbesar ialah Jembatan Tengku Fisabilillah, bukan Jembatan Barelang 3. Pernyataan pada pilihan tanggapan B salah alasannya ialah yang membentang sepanjang 54 kilometer ialah jalur Trans Barelang, bukan panjang Jembatan Barelang. Pernyataan pada pilihan tanggapan C tidak sesuai dengan isi teks alasannya ialah yang terlibat dalam pembuatan Jembatan Barelang hanya insyinyur Indonesia, bukan .  
RINGKASAN MATERI
PERNYATAAN YANG SESUAI DENGAN ISI TEKS
Bacaan atau paragraf memuat isu tersurat dan tersirat. Informasi tersurat ialah isu yang tertulis secara terang dalam bacaan. Informasi tersirat ialah isu yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi. 
Pokok-pokok isu terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok isu itu sanggup pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .

a.    Apa (what) peristiwanya?
Jawaban sesuatu/perihal insiden dalam bacaan

b.    Siapa (who) yang mengalami insiden itu?
Jawaban: Pihak (subjek) yang diinformasikan

c.    Di mana (where) terjadinya insiden itu?
Jawaban: daerah terjadinya peristiwa

d.   Kapan (when) terjadinya insiden itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa

e.    Mengapa (why) insiden itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya peristiwa

f.     Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: proses terjadinya peristiwa 
Untuk memilih pernyataan yang isi teks kita harus memahami isi teks secara keseluruhan. Setelah itu, kita membandingkan pernyataan pada pilihan tanggapan dengan isi teks.
Contoh soal dan kunci jawaban

1.      Ada cara memasak mie instan biar kandungan vitamin tetap terjaga. Pertama masukkan mie ke dalam air mendidih. Kedua, angkat mie sebelum lembek. Selanjutnya, buat air rebusan gres dan taruhlah di dalam mangkok. Terakhir, masukkan bumbu dan mie ke dalam mangkok. Mie instan siap dihidangkan.

Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah

A. Mie harus segera diangkat dari air rebusan sehabis lembek.

B. Mie semakin lernbek scmakin baik kandungan vitaminnya.

C. Langkah kedua masukkan mie ke dalam rebusan air mcndidih.

D. Mie jangan terlalu lembek biar kandungan vitaminnya terjaga.

2.    Bank BRI memperlihatkan derma modal dengan bunga rendah kepada para pedagang kaki lima (PKL). Hal ini disambut baik oleh para PKL. Adapun alasan Bank BRI meminjamkan modal tersebut ialah biar PKL bisa membuatkan usahanya sekaligus mempunyai warung tetap.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah…

A.    Bank BRI memimjamkan modal perjuangan kepada para PKL biar mempunyai warung.

B.     Bank BRI meminjamkan modal perjuangan dengan tujuan perjuangan PKL bisa berkembang.

C.     Bank BRI meminjamkan modal perjuangan kepada para PKL dengan bunga tinggi.

D.    Rencana Bank BRI meminjamkan modal perjuangan disambut baik oleh PKL.


PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
36. Memperbaiki Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
 

Tidak ada komentar untuk "Kunci Tanggapan Dan Pembahasan Soal Un Smp Tahun 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Menentukan Pernyataan Yang Sesuai Isi Teks)"