Contoh Soal Memilih Tujuan Penulis Teks Dan Pembahasan (Soal Un 2019)
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Tujuan penulis teks sanggup disimpulkan dari isi teks. Tujuan penulisan paragraf tersebut yaitu memaparkan adanya penggunaan metanil yellow pada banyak sekali perjuangan masakan (opsi B). Kalimat yang berisi paparan penggunaan metanil yellow terdapat pada kalimat pertama dan kedua pada teks tersebut, yaitu Pewarna tekstil banyak dipakai dalam perjuangan masakan untuk menawarkan warna pada produk makanan. Contohnya yaitu metanil yellow yang dipakai pada jelly, agar-agar, tahu, kerupuk, dan lain-lain.
TUJUAN PENULISAN TEKS
Tujuan penulis pada suatu teks sanggup disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.
MATERI KURIKULUM 2006 JENIS PARAGRAF DESKRIPSI, EKSPOSISI, PERSUASI, ARGUMENTASI, NARASI
NO | DEFINISI | JENIS TEKS |
1 | Karangan yang bertujuan menawarkan citra atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan karangan ini, pembaca sanggup dibentuk seperti melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam insiden yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi. |
|
2 | Karangan yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini insiden biasanya disusun berdasarkan urutan waktu ( kronologis), mempunyai tokoh, dan terdapat konflik. |
|
3 | Karangan yang bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca. |
|
4 | Karangan yang bertujuan memberikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu. |
|
5 | Karangan yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, memberikan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan membuktikan sesuatu tanpa disertai seruan atau desakan biar pembaca mendapatkan dan mengikutinya |
|
NO | CONTOH KARANGAN/PARAGRAF | JENIS KARANGAN |
1 | Setiap detik penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang demikian pesat akan menjadi masalah global.Oleh alasannya yaitu itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan gres untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak terelakkan tersebut. | persuasi |
2 | Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting yaitu rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base. | argumentasi |
3 | Ia terlentang seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau busuk menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna merah | deskripsi |
4 | Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan yaitu olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah. | eksposisi |
5 | Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico belahan utara. | narasi |
6 | Pasar Blaura merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di belahan terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula jenis buah-buahan. | deskripsi |
7 | Hujan yaitu jawaban dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi ibarat laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju kawasan lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi. | eksposisi |
8 | Musim semi telah datang dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam | deskripsi |
9 | Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami hingga di sebuah rumah yangh sederhana ibarat rumah-rumah di sekitarnya. | narasi |
10 | Kedisiplinan kemudian lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu, jumlah korban yang meninggal jawaban kecelakaan pun juga semakin meningkat. | argumentasi |
MATERI KURIKULUM 2013 JENIS-JENIS TEKS
GENRE | TIPE TEKS | LOKASI SOSIAL |
Menggambarkan (Describing) | Laporan (Report): melaporkan informasi | Buku rujukan, dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi kelompok |
Deskripsi: menggambarkan peristiwa, hal, sastra | Pengamatan diri, objek, lingkungan, perasaan, dll. | |
Menjelaskan (Explaining) | Eksplanasi: menjelaskan sesuatu | Paparan, pidato/ceramah, goresan pena ilmiah (popular) |
Memerintah (Instructing) | Instruksi/ Prosedur: memperlihatkan bgm sesuatu dilakukan | Buku panduan/ manual (penerapan), instruksi pengobatan, hukum olahraga, rencana pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan |
Berargumen (Arguing) | Eksposisi: memberi pendapat atau sudut pandang | (MEYAKINKAN/Mempengaruhi): iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel Koran/majalah |
Diskusi | (MENGEVALUASI suatu duduk masalah dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih) | |
Respon/ review | Menanggapi teks sastra, kritik sastra, resensi | |
Menceritakan (Narrating) | Rekon (Recount): menceritakan insiden secara berurutan | Jurnal, buku harian, artikel Koran, berita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time line) |
Narasi: menceritakan kisah atau nasehat | Prosa (Fiksi ilmiah, fantasi, fabel, dongeng rakyat, mitos, dll.), dan drama. | |
Puisi | Puisi, puisi rakyat (pantun, syair, gurindam) |
Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019
1. Ide Pokok Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
2. Makna Istilah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
3. Jawaban yang Tepat Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
4. Maksud Pernyataan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
5. Bukti Simpulan Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
6. Pokok-Pokok Pikiran Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
7. Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
8. Kalimat Utama Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
9. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
10. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
11. Kata Simbolik/Lambang Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
12. Maksud Kalimat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
13. Kalimat Bermajas Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
14. Nilai Budaya dalam Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
15. Kalimat Fakta Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
16. Konflik dalam Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
18. Bukti Nilai Moral dalam Novel Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
19. Bukti Latar Suasana dalam Novel Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
20. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
21. Memperbaiki Kalimat biar Efektif Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
22. Mengurutkan Kalimat Acak biar Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
23. Melengkapi Paragraf Narasi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
24. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
25. Konjungsi Korelatif Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
26. Kata Berimbuhan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
28. Kalimat Simpulan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
29. Ringkasan Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
30. Parafrasa Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
31. Kalimat Argumen Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
32. Partikel –lah dan akhiran –kan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
33. Penulisan Nama Geografi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
34. Perbandingan Dua Teks Sastra Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
35. Bukti Watak Tokoh Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
37. Mengubah Teks Drama ke Narasi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
38. Macam-Macam Konjungsi Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
39. Perbaikan Penggunaan Ejaan yang Salah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
40. Perbaikan Penggunaan Tanda Baca yang Salah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
41. Penulisan Judul Karangan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
42. Memprediksi Kelanjutan Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
43. Keunggulan dan Kelemahan Novel Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
44. Menyimpulkan Isi Dua Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
45. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
46. Menganalisis Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
47. Menentukan Tujuan Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
48. Menyimpulkan Isi Dua Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
49. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
50. Ulasan Drama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa
Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Memilih Tujuan Penulis Teks Dan Pembahasan (Soal Un 2019)"
Posting Komentar