Contoh Soal Parafrasa Atau Mengubah Bentuk Teks

Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Parafrasa ialah penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk sanggup menjelaskan makna yang tersembunyi. Memparafrasakan artinya menguraikan kembali suatu teks dalam bentuk lain. Pengubahan teks ke bentuk teks lain haruslah mempertahankan kesamaan isi meskipun strukturnya berbeda. Parafrasa yang sesuai dengan isi teks perundingan tersebut ialah pilihan tanggapan C. 

RINGKASAN MATERI 
MENGUBAH TEKS KE BENTUK LAIN (PARAFRASA)
Mengubah teks ke bentuk lain disebut juga mengonversikan teks. Kata mengonversikan mempunyai arti mengubah atau menukar. Kata mengonversikan berasal dari kata dasar konversi yang mempunyai arti  perubahan dari satu bentuk (rupa, dan sebagainya) ke bentuk (rupa, dan sebagainya) yang lain; (https://kbbi.web.id/konversi). 
Pengubahan teks ke dalam bentuk lain disebut juga parafrasa. Parafrasa ialah penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk sanggup menjelaskan makna yang tersembunyi.
Sebuah teks sanggup diubah atau dikonversi menjadi bentuk teks yang lain. Misalnya saja dari sebuah teks eksplanasi sanggup teks prosedur. Teks kisah sanggup diubah ke dalam teks drama atau sebaliknya. Pengubahan teks ke bentuk teks lain haruslah mempertahankan kesamaan isi meskipun strukturnya berbeda.
Contoh pengubahan teks kisah ke bentuk teks drama
Teks 1: bentuk cerita
Pahlawan cilik Bu Aisah ialah anak yang luar biasa. Bintang namanya. Berharap dia akan terang menyerupai bintang, terang dengan cahayanya sendiri, itulah impian akan namanya. Dan sekarang dia telah menjadi penerang untuk keluarganya.
”Bintang sedang apa di situ, mari masuk!!!” sambil menepuk bahu anak tersebut. ”aku tak mau belajar.” dengan logat khas bataknya.
”Belajar itu untuk kamu juga nantinya.. biar kelak kamu sanggup membaca, menghitung, jadi jikalau kamu kaya nanti tidak ditipu orang.”
(Jendela Cerita Menembus Mimpi, Via Lusinia)
Teks 2: Drama
Bu Aisah: (sambil menepuk bahu Bintang) ”Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!” 
Bintang: (dengan logat bataknya) ”Aku tak mau belajar!”
Bu Aisah: ”Belajar itu untuk kamu juga nantinya. Biar kelak kamu sanggup membaca, menghitung, jadi jikalau kamu kaya nanti tidak ditipu orang.”


PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019

















17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa





22. Mengurutkan Kalimat Acak biar Menjadi Paragraf Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa






























Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Parafrasa Atau Mengubah Bentuk Teks"