Pembahasan Soal Un Smp Tahun 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Nomor 1 Makna Istilah Pada Teks)

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Makna kata pada teks sanggup diketahui melalui relasi kata itu dengan kata sebelum ataupun sesudahnya. Makna kata heterogen pada teks tersebut sanggup dihubungkan dengan kata-kata sebelumnya, yaitu berbagai suku bangsa. Dengan demikian, makna kata heterogen pada teks tersebut yakni beraneka ragam (opsi B).
RINGKASAN MATERI

MAKNA ISTILAH PADA TEKS
Istilah yakni kata atau campuran kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah).
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN yakni makna kata leksikal. Makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal sanggup dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Makna kata pada teks sanggup diketahui melalui relasi kata itu dengan kata sebelum ataupun sesudahnya.
Paragraf disusun memakai kalimat-kalimat yang saling berkaitan. Kalimat dalam setiap paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut mempunyai makna atau arti. Oleh alasannya itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih semoga bisa memberikan maksud penulis.
Kesalahan penggunaan kata-kata atai istilah akan menjadikan penafsiran berbeda. Kata-kata atau istilah yang dipakai sanggup berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata yang bermakna konotasi dan denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah berafiliasi dengan pengungkapan makna konsep, proses, serta keadaan, atau sifat di bidang tertentu.
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN yakni makna kata leksikal. Makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal sanggup dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Contoh soal memaknai istilah
1. Bacalah teks berikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan bermacam-macam upaya. Pertama, diharapkan upaya persuasif untuk memperlihatkan pemahaman kepada masyarakat wacana pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan pola faktual tugas lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap aktivitas menjaga lingkungan semoga tetap higienis dan sehat.

Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…
A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. Memberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan memperlihatkan ceramah
D. memperlihatkan imbauan menuju kebaikan
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Arti kata persuasif adalah  bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin) (https://kbbi.web.id/persuasif ). Jawaban yang paling sempurna yakni opsi A.
PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
36. Memperbaiki Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata

Tidak ada komentar untuk "Pembahasan Soal Un Smp Tahun 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Nomor 1 Makna Istilah Pada Teks)"