Contoh Soal Alasan Mengapa Kalimat Tidak Efektif Dan Pembahasan (Soal Un 2019 Smp/Mts)
Kunci jawaban: D
Pembahasan
Kalimat efektif ditandai antara lain gampang dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.
Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat, ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
Analisis kalimat (1) sebagai berikut.
a. Liburan ke Lombok memperlihatkan kesan yang sangat mendalam alasannya yakni di sana banyak kawasan wisata yang amat sangat menarik (tidak hemat).
b. Liburan ke Lombok memperlihatkan kesan yang sangat mendalam alasannya yakni di sana banyak kawasan wisata yang sangat menark (hemat).
c. Liburan ke Lombok memperlihatkan kesan yang sangat mendalam alasannya yakni di sana banyak kawasan wisata yang amat menarik (hemat).
RINGKASAN MATERI
KALIMAT EFEKTIF
A. Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif yakni kalimat yang jelas, gampang dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.
B. Syarat Kalimat Efektif
1. Keutuhan
Contoh:
a. Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b. Mereka bekerja saling membantu. (utuh)
2. Kesejajaran
1) Bentuk
a. Tugas bawah umur hari ini yakni membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b. Tugas bawah umur hari ini yakni membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)
2) Makna
a. Biawak itu dipegang kepalanya biar tidak murka dan melawan. (tidak sejajar)
b. Biawak itu dipegang kepalanya biar tidak murka dan tidak melawan. (sejajar)
3. Kefokusan
1) Pengedepanan
a. Sangat membanggakan siswa kita itu.
b. Siswa kita itu sangat membanggakan.
2) Pengulangan
a. Anak yang bakir berbicara, bakir bergaul, dan bakir berguru niscaya disukai banyak temannya.
b. Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.
4. Kehematan
1) Penghilangan Subjek
a. Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu siswa itu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b. Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (hemat)
2) Penghilangan Bentuk Sinonim
a. Menjaga kebersihan sekolah yakni merupakan tanggung jawab kita semua. (tidak hemat)
b. Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)
3) Penghilangan Makna Jamak Ganda
a. Sejumlah guru-guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b. Sejumlah guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (hemat)
5. Kelogisan
Contoh:
a. Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b. Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)
(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud)
PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1. Makna Istilah pada Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
2. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
4. Komentar Sesuai Isi teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
5. Bukti Watak Tokoh Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
6. Nilai Moral Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
7. Makna Simbol dalam Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
8. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
9. Urutan Petunjuk Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
10. Menyusun Teks Laporan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
11. Pola Penyajian Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
12. Perbandingan Penggunaan Bahasa Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
13. Melengkapi Kalimat dengan Istilah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
14. Memvariasikan Kata Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
15. Memvariasikan Kalimat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
16. Penggunaan Kata yang Salah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
17. Alasan Kalimat Tidak Efektif Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
18. Alasan Paragraf Tidak Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
19. Kata Bentukan/Berimbuhan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
20. Kalimat Utama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
UNDUH SOAL UN 3 TAHUN TERAKHIR (2017, 2018, 2019) DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Alasan Mengapa Kalimat Tidak Efektif Dan Pembahasan (Soal Un 2019 Smp/Mts)"
Posting Komentar