Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Tahun 2019 Smp/Mts Wacana Bukti Budpekerti Tokoh

Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Watak tokoh pada kutipan kisah di atas digambarkan secara eksklusif oleh pengarang. Watak tokoh Miss Selena yang penuh tanggung jawab terdapat pada kalimat nomor (7) Dia memimpin misi ini dan (8) Dia bertanggung jawab penuh kepada ketua komite (opsi C). 
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN KALIMAT YANG MENUNJUKKAN WATAK TOKOH
Pengarang sanggup memberikan moral tokoh melalui cara eksklusif dan tidak langsung. Penyampaian moral secara eksklusif (analitik) ialah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui klarifikasi berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami huruf tokoh alasannya ialah penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat. 
Penyampaian moral secara tidak eksklusif ialah melalui percakapan antartokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain. Kali ini pembaca mau tidak mau harus berpikir sedikit lebih keras untuk memahami huruf tokoh, alasannya ialah watak-wataknya disampaikan secara tersirat. 
Langkah-langkah memilih kalimat yang menawarkan moral tokoh dalam cerita

1.      Pahami pernyataan perihal moral tokoh yang ditentukan.
2.      Baca dan pahami isi kalimat yang berkaitan dengan tokoh yang ditentukan.
3.      Tentukan kalimat yang isinya menggambarkan moral tokoh yang ditentukan.

Contoh

(1)               Sebelum subuh mereka telah bangun. Siti Rubiyah ikut berdiri pagi dan memasak kopi dan makanan pagi untuk mereka. (2) Buyung merasa berat dalam hatinya berangkat. (3) Dia teringat Siti Rubiyah yang ditinggalkan sendiri dengan Wak Hitam yang masih sakit. (4) Kemarin malam panasnya naik lagi hingga ia mengerang-ngerang sepanjang malam dan sepanjang malam terdengar ia tak tertidur. (Harimau! Harimau! Muchtar Lubis)
Watak Buyung ialah seorang yang perhatian dan peduli kepada orang lain. Kalimat yang menawarkan moral Buyung tersebut ialah kalimat nomor 2 dan 3.


PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA















UNDUH SOAL UN 3 TAHUN TERAKHIR (2017, 2018, 2019) DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs

Tidak ada komentar untuk "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Tahun 2019 Smp/Mts Wacana Bukti Budpekerti Tokoh"