Contoh Soal Menyusun Teks Laporan Dan Pembahasan (Soal Un 2019 Bahasa Indonesia Smp/Mts)
Kunci jawab: B
RINGKASAN MATERI
Pembahasan
Teks laporan hasil observasi ialah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Struktur teks laporan diawali dengan pernyataan umum dan diikuti dengan deskripsi setiap bab atau aspek yang dilaporkan, dan deskripsi manfaat.
Berdasarkan ilustrasi data dan struktur tulisan, teks laporan yang sesuai dengan data ialah opsi B, sedangkan opsi A, C, dan D tidak sesuai dengan data/fakta.
MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
A. Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi
Mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan. Dengan teks tersebut, pembaca memperoleh sejumlah pengetahuan ataupun wawasan, bukan hasil imajinasi.
B. Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi
laporan hasil observasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1. Menyajikan fakta-fakta perihal keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan insiden dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.
1. Menyajikan fakta-fakta perihal keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan insiden dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.
C. Langkah-Langkah Menulis Teks Laporan Observasi
Adapun langkah-langkah yang lebih sistematis ialah sebagai berikut.
1. Melakukan observasi atau pengamatan lapangan dengan kriteria objek menarik dan dikuasai. Topik observasi, contohnya perihal aktivitas karnaval.
2. Mendaftar topik-topik kecil yang sanggup dikembangkan menjadi laporan.
Contoh:
a. Karnaval sebagai aktivitas rutin tahunan
b. Deretan penerima karnaval
c. Kegiatan penerima karnaval
d. Keadaan para penonton
e. Kegiatan lain di dalam karnaval
f. Manfaat karnavalLaporan Hasil Observasi 3. Menyusun kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi yaitu defnisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat.
Struktur Umum Rincian Topik Pengembangan
a. Defnisi umum • Karnaval sebagai aktivitas rutin tahunan
b. Deskripsi per bab • Deretan penerima karnaval
• Kegiatan penerima karnaval
• Keadaan para penonton
• Kegiatan lain di dalam karnaval
c. Deskripsi manfaat • Manfaat karnaval
4. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu. Dalam tahap ini kita pun perlu memerhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik dari teks laporan observasi. Dengan demikian, akhirnya benar-benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya itu dan tidak berubah wujud menjadi teks jenis lainnya.
Contoh pengembangan teks:
Karnaval merupakan aktivitas rutin di kota kami. Kegiatan tersebut dilaksanakan setahun sekali di tamat tahun, menjelang perpisahan sekolah. Para pesertanya ialah utusan dari masing-masing sekolah. Mereka menyajikan banyak sekali atraksi dengan kostum yang bermacam-macam; kemudian berbaris membentuk kelompok masing-masing Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, formasi siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melaksanakan koreograf memakai benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli badan mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung. Mengasyikkan memang program itu. Hampir semua penerima merasa senang, termasuk masyarakat yang berjubel menyaksikannya. Mereka semua terhibur. Selain itu, karnaval meningkatkan solidaritas dan kekompakan di antara pelajar, khususnya di Kota Bandung. Mudah-mudahan dengan aktivitas ibarat itu mereka semakin berprestasi dan terjauh pula dari banyak sekali tawuran dan kegiatan-kegiatan tidak produktif lainnya yang sering kali melanda kalangan pintar balig cukup akal di kota-kota lainnya.(Kosasih, 2014:43-59)
Sumber
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1. Makna Istilah pada Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
2. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
4. Komentar Sesuai Isi teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
5. Bukti Watak Tokoh Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
6. Nilai Moral Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
7. Makna Simbol dalam Cerita Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
8. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
9. Urutan Petunjuk Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
10. Menyusun Teks Laporan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
11. Pola Penyajian Teks Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
12. Perbandingan Penggunaan Bahasa Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
13. Melengkapi Kalimat dengan Istilah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
14. Memvariasikan Kata Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
15. Memvariasikan Kalimat Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
16. Penggunaan Kata yang Salah Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
17. Alasan Kalimat Tidak Efektif Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
18. Alasan Paragraf Tidak Padu Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
19. Kata Bentukan/Berimbuhan Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
20. Kalimat Utama Klik https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
UNDUH SOAL UN 3 TAHUN TERAKHIR (2017, 2018, 2019) DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata
Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Menyusun Teks Laporan Dan Pembahasan (Soal Un 2019 Bahasa Indonesia Smp/Mts)"
Posting Komentar