Soal Melengkapi Kalimat Dengan Istilah Yang Sempurna Dan Pembahasan (Soal Un 2019 Smp/Mts Mapel Bahasa Indonesia)


Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Untuk melengkapi belahan kalimat yang rumpang dengan kata/Istilah yang sempurna haruslah memperhatikan kata-kata sebelum dan sesudahnya. Di samping itu, perlu memperhatikan makna utuh kalimat. 
Dalam teks tersebut, sebelumnya ada kata mengganti organ sama sekali bukan dan sesudahnya abad modern, Salah satu yang berkaitan dengan kala modern ialah penemuan hal-hal baru. Dengan demikian, isian belahan rumpang ialah sesuatu yang gres atau hasil kreasi dan kata/istilah yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah inovasi (pilihan tanggapan C).
Arti kata/istilah pada pilihan tanggapan tersebut ialah sebagai berikut.

A.    renovasi:  pembaharuan; peremajaan; penyempurnaan (tentang gedung bangunan dan sebagainya) (https://kbbi.web.id/renovasi)

B.     invansi: hal atau perbuatan memasuki wilayah negara lain dengan mengerahkan angkatan bersenjata dengan maksud menye-rang atau menguasai negara tersebut; penyerbuan ke dalam wilayah negara lain (https://kbbi.web.id/invasi)

C.    inovasi: penemu-an gres yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat); (https://kbbi.web.id/inovasi)

D.    karbonasi: proses pengisian cairan dng karbondioksida (https://azkamus.com/dictionary/karbonasi/
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI KALIMAT DENGAN ISTILAH/KATA YANG TEPAT
Melengkapi artinya menambah sesuatu yang kurang biar menjadi lengkap (https://kbbi.web.id/lengkap). Istilah ialah kata atau campuran kata yang dengan cermat meng-ungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah).
Melengkapi kalimat dengan istilah/kata yang sempurna ialah menambahkan istilah/kata pada belahan yang rumpang pada suatu kalimat.
Petunjuk melengkapi kalimat dengan istilah/kata yang tepat

1.      Perhatikan kata-kata sebelum dan setelah belahan rumpang pada kalimat

2.      Pahami maksud kalimat secara utuh.

3.      Pilih dan isikan istilah/kata yang sempurna untuk melengkapi belahan kalimat yang rumpang.

Contoh
Keputusan pemerintah mengharuskan kendaraan dinas memakai BBM tidak … diabaikan di banyak daerah.
Istilah yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu bersubsidi.



PEMBAHASAN SOAL UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


UNDUH SOAL UN 3 TAHUN TERAKHIR (2017, 2018, 2019) DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs KLIK https://tingkatbelajar.blogspot.com//search?q=pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata

Tidak ada komentar untuk "Soal Melengkapi Kalimat Dengan Istilah Yang Sempurna Dan Pembahasan (Soal Un 2019 Smp/Mts Mapel Bahasa Indonesia)"